Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulungan nomor urut 1 Syarwani-Inkong Ala. (Foto: Metro TV)
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulungan nomor urut 1 Syarwani-Inkong Ala. (Foto: Metro TV)

Syarwani-Inkong Ala Tawarkan Kabupaten Bulungan Berdaulat, Maju, dan Sejahtera

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Debat Pilbup Bulungan
Cindy • 22 November 2020 15:46
Jakarta: Calon Bupati Bulungan nomor urut 1, Syarwani, memaparkan visi dan misi yang ditawarkan kepada masyarakat Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Dia berjanji akan mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju, dan sejahtera.
 
"Visi ini membawa lima misi yang berkaitan dengan, pertama, mewujudkan
kedaulatan pangan berbasis kearifan lokal," kata Syarwani, dalam Debat ketiga Pilbup Kabupaten Bulungan 2020 yang disiarkan di Metro TV, Minggu, 22 November 2020.
 
Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDA) yang sehat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing. Ketiga, memantapkan infrastruktur sebagai pendukung utama pengembangan ekonomi rakyat dan pelayanan dasar masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:KPU Tangsel Rilis Lembaga Survei Terdaftar pada Pilkada 2020
 
Keempat, memajukan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan SDA yang ramah lingkungan. Kelima, memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik, keuangan daerah yang sehat dan inovasi pembiayaan pemabangunan untuk mendorong pembangunan Kabupaten Bulungan.
 
Selain itu, Wakil Calon Bupati Bulungan nomor urut 1, Inkong Ala memaparkan 15 program prioritas. Yakni mandor tani (komando strategi pembangunan dan pertanian), satu desa satu produk, jaminan hasil produksi pertanian, beasiswa pokasi berbasis potensi wilayah.
 
"Kemudian, mantera/mandiri dan terampil Bulungan berdaulat, benua antar riji, mantap pelayanan dasar, desa pintar, dan digital," papar Inkong.
 
Selain itu, program prioritas lainnya yakni Bulungan reaksi cepat, kredit mesra (masyarakat ekonomi sejahtera), dan metrabulungan berdaulat. Lalu, ekowisata berbasis kearifan lokal, desa inovatif, dan mal pelayanan publik.

Syarwani mengatakan visi misi serta program prioritas tersebut ditawarkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan, jika mereka terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati. Mereka ingin visi misi tersebut dapat menjawab permasalahan yang ada di Kabupaten Bulungan.
 
Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulungan diikuti empat pasangan calon. Yakni pasangan calon dengan nomor urut 1, Syarwani-Ingkong Ala diusung Golkar, Hanura, dan Perindo. Nomor urut 2, Sigit Muryono-Markus Juk diusung PDIP, PPP, PAN, dan PKB.
 
Sementara nomor urut 3, Najamuddi-Ari Yusnita diusung Demokrat, NasDem, dan PKS. Nomor urut 4, Joko Susilo-Kosmas Kajan didukung Gerindra, dan PBB.
 
Debat publik ini merupakan sesi ketiga dari rangkaian debat yang diselenggarakan KPUD Bulungan. Debat ketiga ini hasil kerja sama KPUD Bulungan dengan Metro TV.
 
Debat ketiga mengangkat tema terkait penyelesaian persoalan daerah, memperkokoh persatuan dan kesatuan, membahas penanganan covid-19, serta strategi pemberantasan korupsi dan narkotika.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif