Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

KPU Tangsel Rilis Lembaga Survei Terdaftar pada Pilkada 2020

Pilkada lembaga survei pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Farhan Dwitama • 22 November 2020 14:21
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, Banten, merilis daftar lembaga survei dan riset resmi yang terdaftar dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020.
 
"Lembaga pelaksana survei atau jajak pendapat dan pelaksana penghitungan cepat hasil pemilihan, wajib mendaftar pada KPU," ungkap komisioner Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilih KPU Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, Minggu, 22 November 2020
 
Dia menjelaskan, sampai saat ini baru ada delapan lembaga survei yang resmi terdaftar di KPU Tangsel. Di antaranya Konsep Indonesia, Jaringan Cyrus Indonesia, PT Indo Barometer, PT Jaringan Suara Indonesia, PT Indikator Politik Indonesia, Poltracking Indonesia, Media Survei Nasional, dan Voxpol Center Research and Consulting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pemilih Bersuhu Tubuh Tinggi Tetap Bisa Nyoblos
 
Ade menerangkan, saat pendaftaran lembaga survei dan pelaksana hitung cepat hasil pencoblosan, wajib membuat surat pernyataan yang berbunyi delapan poin pernyataan. Seperti, tidak berpihak, menguntungkan, atau merugikan peserta pemilihan.
 
"Benar-benar melakukan wawancara dalam pelaksanaan survei atau jajak pendapat, tidak mengubah data lapangan maupun dalam pemrosesan data," jelas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif