Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polri Dukung Pelaksanaan Pilkada 2020 di Tengah Pandemi

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Theofilus Ifan Sucipto • 01 Oktober 2020 14:54
Jakarta: Polri mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di tengah pandemi virus korona (covid-19). Kepolisian bakal menjalankan semua tugas sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
 
"Adanya pandemi dalam pelaksanaan pilkada kurang menguntungkan. Tapi situasinya tidak hanya di Indonesia," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam diskusi virtual, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Argo mengatakan hampir seluruh negara tengah memerangi covid-19. Namun, ada sejumlah negara yang bisa menggelar pemilihan umum (pemilu) seperti Korea Selatan dan Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepolisian, kata Argo, bakal mendukung seluruh keputusan pemerintah. Apalagi Presiden, DPR, dan penyelenggara pemilu sepakat tetap menggelar pilkada pada 9 Desember 2020.
 
"Polri akan mendukung full power semua kebijakan dari pemerintah dan mendukung KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu)," ujar dia.
 
Baca: Gunakan Kampanye Hitam di Pilkada 2020, Siap-siap Dipidana
 
Argo mencontohkan bentuk dukungan Polri, salah satunya diterbitkannya Maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX/2020 pada 21 September 2020. Maklumat itu terkait kepatuhan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada 2020.
 
"Sedangkan ranah pelanggaran pilkada dan pidana ada gakkumdu (penegakan hukum terpadu). Itu sarana yang kita bentuk dan siap melaksanakan tahapan pilkada," tegas Argo.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif