Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Bawaslu: Penetapan Paslon Pilkada 2020 Rawan Kerumunan

Pilkada Virus Korona pilkada serentak bawaslu Pemilu Serentak 2020 Protokol Covid-19
Anggi Tondi Martaon • 22 September 2020 22:19
Jakarta: Penetapan pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada Rabu, 23 September 2020, berpotensi menimbulkan kerumunan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta seluruh pihak mematuhi ketentuan pembatasan atau pelarangan kerumunan masa.
 
"Tentu harapan kami, penyelenggara, agar tidak ada kerumunan massa," kata Ketua Bawaslu Abhan saat menyampaikan Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) 2020 melalui virtual, Selasa, 22 September 2020.
 
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Bawaslu provinsi diminta memperhatikan dua kondisi dalam tahapan penetapan paslon. Pertama, saat bakal paslon (bapaslon) dinyatakan lolos verifikasi. Diprediksi simpatisan berkerumun merayakan keputusan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Panwaslu Harus Pantau Keramaian di Markas Paslon dan Parpol
 
Selanjutnya, saat bapaslon dinyatakan tidak lolos sebagai paslon. Keputusan ini dikhawatirkan memicu unjuk rasa ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Permohonan Sengketa Pencalonan
 
Bagi pihak yang tidak puas dengan keputusan KPUD diminta untuk melakukan protes melalui Permohonan Sengketa Pencalonan. Permohonan disampaikan ke Bawaslu tingkat provinsi.
 
"Sesuai tingkatannya. Kalau pilkada kabupaten/kota diajukan ke Panwaslu kabupaten/kota. Kalau Pilkada provinsi sampaikan ke Bawaslu Provinsi," kata Abhan.
 
Bapaslon dan simpatisan diminta tidak melakukan unjuk rasa. Cara seperti itu jelas-jelas melanggar protokol kesehatan.
 
"Jangan kemudian anarkis mendatangi kantor KPU mau pun mendatangi kantor Bawaslu daerah dengan kerumunan massa yang sangat banyak. Ini saya kira butuh kesadaran yang sama," ujar dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif