KPU. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
KPU. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Warga di DPT Belum Memiliki KTP-el Tersisa 1%

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 19 November 2020 10:41
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut jumlah warga di daftar pemilih tetap (DPT) yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) semakin sedikit. Total DPT Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sebanyak 100.359.152.
 
"Dari hasil pemadanan data ditemukan pemilih yang belum melakukan perekaman KTP-el sebesar 1.052.010 pemilih atau 1 persen," ujar Komisioner KPU Viryan Azis dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.
 
Viryan tak menjelaskan rinci jumlah provinsi yang warganya belum melakukan perekaman KTP-el. Identitas resmi warga negara Indonesi (WNI) itu menjadi syarat mutlak bagi pemilih yang akan menggunakan hak suaranya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPU Resah Hak Pilih Warga Hilang karena KTP-el
 
KPU dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan terus berkoordinasi menyelesaikan persoalan tersebut. Kedua institusi ini bahkan berencana membentuk tim koordinasi yang secara teknis mengurus DPT sampai hari pemunggutan suara.
 
"KPU melakukan gerakan dukung rekam KTP-el untuk Pilkada Serentak 2020 dengan kegiatan sosialisasi, mengirim surat ke setiap pemilih, jemput pemilih sebagai bentuk layanan bagi yang belum melakukan perekaman KTP-el," kata dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif