Ilustrasi sidang Mahkamah Konstitusi/Antara/Hafidz Mubarak.
Ilustrasi sidang Mahkamah Konstitusi/Antara/Hafidz Mubarak.

MK Diharapkan Beri Putusan Adil dalam Sengketa Pilwakot Banjarmasin

Pilkada mahkamah konstitusi pilkada serentak Sengketa Pilkada Pemilu Serentak 2020 Pilkada Kalimantan Selatan
Achmad Zulfikar Fazli • 20 Maret 2021 12:17
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan dapat memberikan keputusan yang seadil-adilnya dalam sengketa Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Banjarmasin. Gugatan itu diajukan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin, Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu).
 
"Sengketa pilkada Banjarmasin menarik karena selisihnya di atas batas normatif yang di buat oleh MK, tetapi dilanjutkan ke dalam persidangan. Semoga Hakim MK dapat mengambil keputusan yang seadil-adilnya agar bisa membawa kebaikan bagi seluruh warga Kota Banjarmasin," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam keterangan tertulis, Sabtu, 20 Maret 2021.
 
Qodari juga berharap wali kota selanjutnya bisa memberikan perbaikan yang signifikan. Pasalnya, Kota Banjarmasin membutuhkan perbaikan-perbaikan yang signifikan agar lebih teratur, rapi, dan tidak kumuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semoga warga Banjarmasin mendapatkan keputusan yang terbaik. Insyaallah," katanya.
 
Baca:MK Perintahkan PSU Digelar di 7 Kecamatan untuk Pilkada Kalsel
 
Jika dugaan pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) yang diajukan AnandaMu terbukti, MK berwenang menyatakan pasangan calon yang telah ditetapkan sebagai pemenang dapat didiskualifikasi dari pemilu.
 
Tim pasangan calon Ananda-Mushaffa Zakir (AnandaMu) menyebutkan proses persidangan dari awal maupun saat pembuktian di MK berlangsung lancar. Pada proses persidangan, pasangan calon petahana tak pernah membantah soal pelanggaran politik uang ataupun pelanggaran TSM yang didalilkan tim AnandaMu.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif