ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

KPU Siapkan Bilik Khusus untuk Pemilih Bersuhu Tubuh Tinggi

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Cindy • 04 Desember 2020 12:09
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan bilik suara khusus bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius. KPU mengantisipasi penularan covid-19 saat hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.
 
"Calon pemilih yang datang ke TPS, kemudian suhu sampai 37,3 derajat Celsius, maka dia langsung diminta untuk melakukan pemungutan di bilik suara khusus," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 4 November 2020.
 
Abhan mengatakan bilik suara khusus calon pemilih yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat Celsius ditempatkan di luar TPS. Mereka yang telah menggunakan hak suaranya juga diminta langsung pulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar tidak terjadi interaksi dengan calon pemilih lainnya (yang bersuhu di bawah 37,3 derajat celsius atau bersuhu normal)," ucap Abhan.
 
Baca: Bawaslu Klaim Tak Ada Klaster Pilkada 2020
 
Sedangkan, calon pemilih dengan kondisi normal akan diarahkan untuk mengantre dan menunggu di ruang tunggu. Ruang tunggu yang disediakan juga dibatasi kapasitasnya.
 
Para calon pemilih diharuskan menggunakan masker dan sarung tangan demi meminimalisasi penularan covid-19. Selain itu, penggunaan tinta sebagai bukti pencoblosan tak lagi menggunakan metode celup.
 
"Sekarang tintanya tidak dicelupkan tapi ditetes (ke jari), itu agar tidak terjadi potensi tertular," kata Abhan.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif