Ilustrasi Ms. Excel. DOK Medcom
Ilustrasi Ms. Excel. DOK Medcom

Pemula Mari Merapat, Ini Manfaat dan Rumus Ms Excel yang Harus Diketahui

Renatha Swasty • 03 Maret 2022 22:18

Belajar Rumus Formula Excel

Salah satu pembeda Excel dengan produk Ms. Office lainnya memang adanya rumus yang digunakan di dalamnya. Formula Excel atau rumus Excel sendiri merupakan cara mudah untuk melakukan perhitungan terhadap data.
 
Setiap menggunakan formula itu, Sobat Medcom wajib mengawali dengan tanda sama dengan (=) untuk mengaktifkan formula tersebut.
 
Sobat Medcom tidak boleh salah memasukkan formula atau rumus, ya. Jika salah memasukkan formula, Excel akan menganggap data yang dihitung error dengan memberikan tanda (#VALUE).
 
Formula Excel ada banyak sekali. Namun, sebagai tahap pemula, berikut formula dasar atau rumus dasar Excel yang umum digunakan:
 
  1. Aritmatika dasar: formula ini merupakan formula dasar dalam menghitung, yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/). Rumusnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan =”number 1 Tanda Aritmatika number 2”. Contohnya jika untuk penjumlahan adalah =”B3+B4”
  2.  SUM: formula ini cukup banyak digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data dalam satu range. Rumus SUM sendiri adalah =SUM(number 1, number 2, …)
  3.  Min dan MAX: formula ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dan terendah dari sekumpulan data. Rumusnya adalah =MIN(number 1, number 2, …) dan =MAX(number 1, number 2, …)
  4.  Average: formula ini digunakan untuk melihat nilai rata-rata dari sekumpulan data. Rumusnya adalah =AVERAGE(number 1, number 2, …)
  5. Count: formula ini digunakan untuk menghitung banyaknya data dalam sekumpulan data. Rumusnya adalah =COUNT(number 1, number 2, …)
  6. Vlookup: formula ini digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut. Rumusnya adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
  7. Hlookup: untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut. Rumusnya adalah =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
 
Nah, itu dia tips belajar Excel yang bisa Sobat Medcom coba. Selamat mencoba!
 
Baca: 46 Trik di Microsoft Excel
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan