Ilustrasi Microsoft Excel. Medcom
Ilustrasi Microsoft Excel. Medcom

Ini Cara Mudah Membuat Grafik di Microsoft Excel

Pendidikan microsoft microsoft office beasiswa osc tips & trik
Medcom • 27 April 2022 19:42
Jakarta: Bagi Sobat Medcom yang sedang berkutat dengan data, pasti membutuhkan Microsoft Excel. Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya dapat menyederhanakan tabel atau data laporan dalam bentuk grafik.
 
Grafik yang tersedia beragam, mulai dari column chart, line chart, pie chart, bar chart, hingga combo chart. Kelima grafik tersebut tentunya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.
 
Column chart merupakan jenis grafik yang berbentuk sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Grafik ini bisa digunakan untuk menyajikan perbandingan satu kategori data dengan nilai dan kurun waktu tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Line chart adalah jenis grafik yang berbentuk garis. Grafik ini cocok digunakan untuk menyajikan continuous data serta menampilkan trend atau interval pada kurun waktu tertentu.
 
Pie chart merupakan jenis grafik yang berbentuk lingkaran. Grafik ini cocok digunakan untuk data yang hanya memiliki satu seri dan tidak lebih dari tujuh kategori.
 
Bar chart atau grafik batang umumnya digunakan untuk menampilkan perbandingan beberapa item. Adapun combo chart merupakan penggabungan grafik garis dan grafik batang guna menyajikan informasi yang lebih mudah dipahami.
 
Meski jenisnya beragam, cara membuat grafik di Microsoft Excel tetap sama. Berikut langkah-langkahnya dikutip dari laman Cakap:

1. Masukkan data dalam kolom Excel

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan data ke dalam Excel. Pastikan kategori dan angka data tersebut sudah benar.
 
Di samping itu, akan lebih baik jika data itu memiliki judul atau title. Dengan demikian, judul tersebut nantinya bisa langsung disalin ke dalam grafik yang sudah jadi.

2. Sorot data yang akan dibuat grafiknya

Cara membuat grafik berikutnya adalah menyorot data yang akan dijadikan grafik. Setelah seluruh data diblok, selanjutnya klik menu Insert pada bar, lalu pilih Recommended Chart.

3. Pilih jenis grafik yang akan dipakai

Setelah mengeklik menu Recommended Charts, akan muncul tampilan beragam jenis grafik. Perhatikan jenis grafiknya dan pilihlah grafik yang paling cocok dengan data. Kemudian, klik kolom “Ok”.

4. Ubah judul dalam grafik

Setelah mengeklik “Ok”, grafik akan muncul. Gantilah judul dalam grafik sesuai data yang dimiliki.

5. Atur posisi grafik

Setelah grafik muncul dalam worksheet Excel, posisi dan ukurannya bisa diatur sesuai keinginan. Untuk mengubah posisi grafik, hanya perlu menaruh kursor ke dalam bagian grafik, lalu klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik, cukup arahkan kursor pada ujung grafik dan menariknya.
 
Demikianlah cara membuat grafik di Microsoft Excel. Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba! (Nurisma Rahmatika)
  
Baca: Mahasiswa UI Rancang Pesawat tanpa Awak Berteknologi Microsoft
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif