Tak sedikit siswa menganggap soal HOTS sangat sulit. Namun, benarkah demikian? Untuk membahasnya lebih lanjut, simak ulasan mengenai definisi dan contoh soal HOTS dikutip dari Ruangguru berikut ini:
Definisi Soal HOTS
Istilah HOTS dikenal dari konsep Benjamin S Bloom dan kawan-kawan dalam buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956). Buku tersebut mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari terendah hingga tertinggi.Taksonomi Bloom merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam konsep ini, HOTS termasuk bagian dari ranah kognitif yang mencakup kemampuan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
Dari definisi tersebut, soal HOTS kemudian dikembangkan lagi hingga menjadi salah satu cara untuk menguji kemampuan menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya.
Soal model HOTS mendorong siswa melakukan penalaran tingkat tinggi. Sehingga, tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya.