Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

4 Contoh Surat Lamaran Kerja & Tips Membuatnya

Medcom • 08 April 2022 13:08
Jakarta:  Saat mendaftar kerja di sebuah perusahaan, Sobat Medcom pasti diminta melampirkan sejumlah berkas. Salah satunya, surat lamaran kerja.
 
Dokumen yang juga disebut cover letter ini berisi perkenalan diri pelamar secara singkat. Lantaran sama-sama memuat perkenalan diri, tak sedikit yang menganggap surat lamaran sama dengan curriculum vitae (CV). Padahal, keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi tujuan maupun struktur.
 
Dikutip dari laman angguru, surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan. Ini berfungsi untuk memperkenalkan diri sebelum perekrut membaca lebih rinci informasi diri sang pelamar.
 
Baca juga: 5 Isi CV Curriculum Vitae Surat Lamaran Kerja yang Wajib Ditulis

Struktur surat lamaran kerja

Berbicara tentang struktur, surat lamaran kerja biasanya terdiri dari pembuka, perkenalan dan data diri singkat, maksud dan tujuan surat dibuat, daftar lampiran berkas, serta penutup.  Pelamar harus memperhatikan dengan benar data diri singkat yang dicantumkan dan posisi pekerjaan yang hendak dilamar.

Sebaiknya, data diri yang dituliskan mencakup nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, e-mail, dan nomor yang bisa dihubungi.  Sedangkan, data yang lebih rinci, seperti riwayat pendidikan atau pekerjaan, bisa dimuat dalam CV.
 
Baca juga: Simak Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Efektif Agar Mudah Diterima Kerja

Tips menulis surat lamaran kerja yang baik

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, memahami struktur saja belum cukup. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar perekrut tertarik membaca dokumen yang Sobat Medcom kirimkan, mengingat jumlah pesaing bisa mencapai ratusan bahkan ribuan.

Lantas, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Berikan kesan individual

Pastikan Sobat Medcom menulis nama perusahaan dengan benar dan sesuai tujuan. Jika ditujukan untuk seseorang di perusahaan tersebut, tulislah nama dan jabatannya secara spesifik. 

2. Singkat dan padat

Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis secara singkat dan padat, tanpa bertele-tele. Selain itu, juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hindari penggunaan kata yang sulit hanya untuk membuat perekrut terkesan dengan pilihan bahasa.

3. Jangan menulis lebih dari satu halaman

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak lebih dari satu halaman. Sebab, perusahaan mungkin menerima belasan, puluhan, bahkan ratusan lamaran. Untuk itu, surat lamaran yang terlalu panjang tidak akan efektif.
 
Halaman Selanjutnya
  4. Pastikan tidak ada typo…
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan