Nelayan peserta sosialisasi inovasi alat penangkap ikan. Dok IPB University.
Nelayan peserta sosialisasi inovasi alat penangkap ikan. Dok IPB University.

IPB Kenalkan Inovasi Alat Penangkap Ikan kepada Nelayan Cirebon

Pendidikan nelayan Pendidikan Tinggi
Arga sumantri • 18 September 2020 11:29

Sementara itu, narasumber lain dari Departemen Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan IPB, Roza Yusfiandayani, menjelaskan tentang rumpon portable. Ini merupakan salah satu teknologi tepat guna yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan daya dukung sumber daya ikan.
 
Rumpon portable yang digunakan adalah alat untuk mengumpulkan ikan dengan menggunakan frekuensi suara. Rumpon portable ialah sebagai alat pemanggil ikan.
 
"Bahan yang digunakan dalam rekayasa teknologi pengayaan sumberdaya ikan pelagis ini adalah terbuat dari fiber dengan memiliki ukuran 53 x 20 x 48 cm dan menggunakan frekuensi suara untuk memikat ikan berkumpul di sekitar rumpon portable," jelas Roza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah bimbingan teknis terdiri dari 100 nelayan. Kemudian, pelatihan dengan tatap muka dan praktik pembuatan atraktor, pemasangan jaring krendet di perairan dan mengangkat alat (hauling).
 
Para nelayan berharap agar atraktor cumi-cumi, jaring krendet, apartemen lobster dan rumpon portable ini bisa diimplementasikan atau menjadi alternatif alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan menguntungkan bagi mereka.
 
"Kegiatannya bagus karena secara langsung melakukan praktik pembuatan alat dan dapat langsung diaplikasikan bagi nelayan," kata salah satu nelayan, peserta pelatihan, Rustoni.
 
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif