Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Diaspora Indonesia di Inggris Siap Bersinergi Hilirisasi Riset Farmasi

Pendidikan penelitian diaspora indonesia Riset dan Penelitian
Antara • 16 Oktober 2020 11:05
London: Diaspora Indonesia para akademisi dan peneliti yang bergelut di bidang riset farmasi dan keilmuan lainnya di Inggris menyatakan siap bersinergi dengan Pemerintah untuk mengembangkan berbagai hilirisasi produk hasil riset. Harapannya, dapat membawa manfaat bagi rakyat Indonesia.
 
"Kami sampaikan kepada Menteri BUMN Erick Thohir tentang hasil riset dikembangkan diaspora Indonesia di Inggris dan oleh institusi di mana diaspora berkarya, sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia," kata Asisten Profesor Teknik Kimia dan Lingkungan Universitas Nottingham ????Bagus Muljadi, melansir Antara, Kamis, 16 Oktober 2020.
 
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Sekjen Kementerian Kesehatan dalam kunjungan kerja ke Inggris pada 12-15 Oktober 2020, secara khusus bertemu dengan sejumlah diaspora Indonesia di KBRI London. Pertemuan juga dihadiri Eric Daniel Tenda kandidat pada Imperial College London, dan Indra Rudiansyah, peneliti vaksin covid-19 dari Universitas Oxford yang mewakili diaspora ilmuwan di UK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kesiapan BUMN bersinergi dengan komunitas riset dan akademisi di Tanah Air maupun di manca negara dan akan mendukung produksi/hilirisasi hasil riset tersebut sehingga menjadi barang jadi yang bisa membawa manfaat untuk rakyat.
 
Menurut Direktur Kemitraan Pelatihan Doktor Indonesia Bagus Mulyadi, jika teknologi terbaru tentang pengadaan vaksin masa depan bisa dikembangkan, maka Indonesia akan memegang lisensi untuk memproduksinya.
 
"Kita bisa dan harus berdikari dalam bidang farmasi," ujar Bagus, yang sejak 2017 juga menjadi asisten Profesor di Virginia Tech, Amerika Serikat itu.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif