Ilustrasi. Foto: Antara
Ilustrasi. Foto: Antara

Mahasiswa IPB Rancang Konsep Wisata Berkelanjutan di Candi Borobudur

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Arga sumantri • 07 Oktober 2020 10:31
Bogor: Dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Faisal Ilham Kurniawan dan Muhammad Saddam Isra menggagas konsep sustainable niche tourism. Ini merupakan konsep yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Candi Borobudur selama masa pandemi virus korona (covid-19).
 
"Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang terdampak akibat pandemi yang mengakibatkan tempat wisata tersebut ditutup sejak pertengahan Maret lalu. Padahal, tempat wisata ini setiap tahunnya diperkirakan didatangi tak kurang dari 4,6 juta wisatawan," terang Faisal dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Faisal beserta Saddam berusaha memberikan skema dan paradigma baru dalam mengelola sektor wisata Candi Borobudur di tengah pandemi. Beberapa skema yang ditawarkan adalah penerapan kebijakan pembatasan kuota dan perubahan harga tiket masuk, pengembangan zona wisata, dan pengembangan wisata virtual (Borobudur Virtual Tourism). Selain itu, kebijakan Tourism Pledge, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui online market, serta pengembangan objek wisata penyangga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Berbisnis Yogurt, Alumnus IPB Hasilkan Omzet Rp100 Juta per Bulan
 
"Penerapan kebijakan kuota akan menurunkan jumlah kunjungan, sehingga memerlukan kebijakan harga untuk mempertahankan penerimaan wisata. Kebijakan harga dapat mengacu pada integrated tourism master plan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan (ITMP-BYP)," jelas Faisal.
 
Guna menjaga minat konsumen, lanjut Faisal, kenaikan harga tiket wisatawan domestik harus diselaraskan dengan pengembangan pariwisata Candi Borobudur. Pengembangan yang dapat diterapkan yaitu pengembangan sarana dan prasarana kesenaian, pusat dan studi informasi, program Cleanliness, Health, and Safety (CHS), dan program penghijauan.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif