NEWSTICKER
Rektor UI, Ari Kuncoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul
Rektor UI, Ari Kuncoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul

UI: Belajar Daring Hanya Terkendala Mindset

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2020 13:57
Jakarta: Metode pembelajaran daring banyak dikeluhkan baik di jenjang pendidikan tinggi maupun sekolah. Mulai dari kemampuan tenaga pengajar, beratnya tugas, sistem penilaian, hingga lemahnya kemampuan peserta belajar daring untuk membeli kuota internet.
 
Namun, menurut Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro, perkara itu hanyalah masalah mindset atau pola pikir. Ari menyebut tak ada yang perlu dirisaukan dari belajar secara daring.
 
"Kendalnya mindset. Padahal kalau sudah dijalankan ternyata lancar," kata Ari kepada Medcom.id, Jumat 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya juga mengaku UI tak pernah bermasalah dengan metode kuliah daring. Ari mengatakan, segala ketakutan yang dihadapi warga UI juga telah teratasi.
 
Baca juga:UI Terapkan Full Kuliah Daring Respons Pandemik Korona
 
Bahkan tenaga pengajarnya kini telah siap dengan metode ini. Lagi pula, kata Ari, mahasiswa juga bisa inisiatif mengakses materi tambahan yang berseliweran di internet.
 
"Kuota guru besar kita cukup dan mempuni. Apalagi sekarang sudah dibantu beberapa aplikasi belajar daring," ungkap dia.
 
Sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) mengubah kegiatan perkuliahan tatap mukanya menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau kuliah daring. Kebijakan tersebut terhitung sejak hari Rabu, 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020.
 
Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan, langkah tersebut tertuang dalam butir kelima di Surat Edaran nomor 03/UN2.R/OTL.09/2020 tentangTentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi coronavirus disease (covid-19) di Lingkungan Universitas Indonesia. "UI tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar, diubah dari bentuk kuliah tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," kata Ari Kuncoro dalam surat edaran yang diterima Medcom.id, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemik covid-19 menjelaskan secara rinci berbagai bentuk/format PJJ yang dapat diterapkan. "Pimpinan Fakultas dan Program Studi diminta untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ,"

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif