Rektor UNS Jamal Wiwoho (tengah) usai pertemuan membahas penerimaan mahasiswa baru SV UNS di Madiun. Foto: Dok. Humas UNS
Rektor UNS Jamal Wiwoho (tengah) usai pertemuan membahas penerimaan mahasiswa baru SV UNS di Madiun. Foto: Dok. Humas UNS

Sekolah Vokasi UNS Mulai Terima Mahasiswa Baru Tahun Ini

Pendidikan Pendidikan Vokasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Citra Larasati • 12 Mei 2020 12:09
Jakarta: Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di Caruban, Madiun, Jawa Timur telah berdiri sejak Februari 2020 lalu. Kampus dengan program studi di luar kampus utama UNS ini akan membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun ini.
 
Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, program studi (Prodi) yang dibuka adalah Diploma 3 Akuntansi, Diploma 3 Teknik Informatika, dan Diploma 3 Teknologi Hasil Pertanian (THP) dengan daya tampung mahasiswa masing-masing 50 orang. Jumlah tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua kelas, dengan masing-masing kelas berjumlah 25 mahasiswa.
 
Direktur SV UNS, Santoso Tri Hananto menuturkan, bahwa proses penerimaan mahasiswa baru tersebut akan diselenggarakan melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2020 UNS. Yakni Ujian Masuk Diploma (UMD) dan Seleksi Mandiri (SM) untuk program diploma, sebagaimana proses penerimaan di kampus pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Begitu juga dengan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), akan mengikuti ketentuan kampus pusat. Tetapi, jalur penerimaannya tinggal UMD dan SM. Untuk tanggal-tanggal pentingnya menunggu keputusan Wakil Rektor 1,” jelas Santoso.
 
Lebih lanjut,diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menyiapkan Dana Hibah untuk mahasiswa berprestasi maupun dukungan operasional kampus. Begitu pula dalam persiapan Kampus UNS di Madiun ini, Pemkab Madiun turut menyediakan sarana dan prasarana kampus.
 
Baca juga:Rektor UNS: Mahasiswa Silakan Ajukan Pembebasan UKT
 
Sementara itu, saat ditanya perihal kendala yang ada, Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto mengatakan, bahwa proses persiapan berjalan lancar dan kampus ini pun sudah dapat ditempati. “Tapi adanya pandemi covid-19 ini tentu menimbulkan sedikit kendala. Kalau tidak ada pandemi, kita tentu lebih lancar lagi,” ujarnya.
 
Hari juga menyambut positif dan besyukur, rektor UNS telah memberikan kejelasan dan jawaban positif terkait keberjalanan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) ini. Harapannya, dengan adanya Kampus UNS di Madiun ini dapat menjadi salah satu langkah awal Madiun dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul.
 
Alhamdulillah Pak Rektor sudah memberikan jawaban pasti, jelas, dan positif kalau sudah mulai melaksanakan PSDKU di Caruban mulai tahun ini. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal kita meningkatkan kualitas SDM, khususnya di Madiun,” imbuh Hari.
 
Pendirian Kampus UNS di Madiun ini bukanlah bentuk kerja sama pertama antara UNS dan Pemkab Madiun. Pasalnya, sejak 2013 UNS dan Pemkab Madiun telah membentuk PSDKU bernama Akademi Komunitas.
 
Namun, seiring meningkatnya minat masyarakat Madiun dan sekitarnya terhadap pendidikan tinggi, kerja sama itu pun ditingkatkan. Sehingga, untuk kali pertama di tahun ini, kampus tersebut akan menerima mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2020/2021 sebagai bagian resmi dari UNS.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif