Ilustrasi SNMPTN. Medcom
Ilustrasi SNMPTN. Medcom

Mengenal Testophobia, Rasa Takut pada Ujian

Renatha Swasty • 03 Maret 2022 17:18
Jakarta: Memasuki awal tahun sudah menjadi tradisi siswa siswi mulai mempersiapkan diri menyambut serangkaian ujian. Seperti ujian sekolah atau ujian masuk perguruan tinggi.
 
Semua berlangsung dengan rentan waktu yang berdekatan. Ada yang menyambut ujian dengan gembira, tapi tidak sedikit yang justru gundah gulana.
 
Beberapa tahun terakhir ujian selalu menjadi momok bagi sebagian besar pelajar di seluruh dunia. Banyak gejala muncul ketika hari ujian segera tiba. Bahkan, tidak sedikit dari siswa siswi yang dijuluki terpintar di kelas, menjadi sering mengalami gejala kecemasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila gejala yang muncul sampai membuat jantung berdebar-debar, mual, kepala mulai pusing, sesak napas, atau bahkan pingsan, itu adalah tanda-tanda seorang testophobia.
 
Berikut mengenai testophobia dikutip dari Ruangguru:

Apa itu testophobia?

Testophobia adalah ketakutan yang terjadi terus-menerus pada bentuk-bentuk ujian atau evaluasi. Contohnya, pelajar yang sering merasa cemas atau bahkan sampai takut masuk ruang kelas yang sudah disusun berjarak.
 
Testophobia adalah fobia dengan jenis situasional yang berkaitan dengan pengalaman negatif. Contohnya seperti pengalaman buruk, traumatik, ekspektasi yang tidak kunjung terealisasi, atau tuntutan berlebih.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif