Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe saat memberi sambutan di Indonesia Startup Summit 2019, Medcom.id/Intan Yunelia.
Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe saat memberi sambutan di Indonesia Startup Summit 2019, Medcom.id/Intan Yunelia.

4.000 Calon Startup Belum Bermitra

Pendidikan inovasi Revolusi Industri 4.0
Intan Yunelia • 10 April 2019 16:41
Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan 'Temu Akbar Startup Berbasis Teknologi dan Inovasi' pada acara Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 10 April 2019. Tak kurang dari 1.307 startup dari seluruh Tanah Air ambil bagian di pameran ini.
 
Dalam ISS tahun ini tak kurang diikuti oleh 6.000startup. 1.307 di antaranya sudah memiliki
partner. Sedangkan 4.000-an sisanya merupakan calonstartupyang masih belum memilikimitra.
 
"Hari ini kita akan menunjukkan melalui acara-acara, antara lain pameran hasil-hasilstartupkita akan ada motivator dari para pengusaha-pengusaha muda yang sudah berhasil," paparDirektur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe pada acara Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 10 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Indonesia Lima Besar Penghasil Startup Dunia
 
Jumain mengatakan, pemerintahinginstartup yang dilahirkan anak bangsa tidak hanya berada di dalam negeri. "Tetapi kita harapkan juga pasarnya mengglobal sehingga kita akan melahirkan startup yang unicorn seperti yang telah kita punya empat unicorn seperti sekarang ini," kata Jumain.
 
Salah satu program pemerintah yang melahirkan startup adalahmelalui Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang digagas Kemenristekdikti. Program inilah yang kini berhasil melahirkan 1.307 startup tersebut. Pemerintah aktif menggenjot anak muda untuk ikut serta dalam perkembangan inovasi ini.
 
"Kita ingin menyampaikan pada masyarakat seluruh Indonesia bahwa Indonesia mampu melahirkan inovasi-inovasi serta inovator yang diharapkan mendukung perokonomian nasional di masa mendatang," ujar Jumain.
 
Baca:1307 Start Up Ambil Bagian di ISS 2019
 
Jumain menuturkan mengawali ISS 2019 ini, puluhan peserta PPBT dilatih serius dalam mengembangkan strategi bisnis dalam startup. Pelatihan dilakukan di Boot Camp Startup 2019.
 
"Mayoritas generasi milenial tersebut dimotivasi untuk mampu membawa startup ini ke pasar nasional maupun global. Mereka juga dilatih selain menjual, branding, bersaing, dan modern bisnis. Menristekdikti menargetkan mereka mampu menyinergikan proses inovasi yang aktif dengan aspek komersialitasnya di masa yang akan datang," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif