Menristekdikti, Mohamad Nasir usai membuka Indonesia Startup Summit 2019 di Kemayoran, Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.
Menristekdikti, Mohamad Nasir usai membuka Indonesia Startup Summit 2019 di Kemayoran, Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.

Indonesia Lima Besar Penghasil Startup Dunia

Pendidikan inovasi Revolusi Industri 4.0
Intan Yunelia • 10 April 2019 15:36
Jakarta: Indonesia masuk lima besar negara penghasil startup di dunia. Indonesia sejajar dengan Amerika Serikat, Tiongkok, India dan Inggris.
 
"Dalam startup dunia ternyata Indonesia mempunyai potensi yang besar dari anak-anak muda. Indonesia masuk peringkat lima dunia di bidang startup-nya," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir saat membuka Indonesia Startup Summit 2019 di Hall D2 JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 10 April 2019.
 
Bahkan di wilayah Asia Tenggara, Indonesia posisi pertama di Asia Tenggara. Hak paten startup di Asia Tenggara mengalahkan Singapura, Malaysia dan Thailand. Fakta tersebut semakin memantapkan Indonesia di posisi lima teratas di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ternyata dari patennya di Asia Tenggara, Indonesia adalah nomer satu, sudah mengalahkan Thailand, Singapura dan Malaysia," ujar Nasir.
 
Dalam kurun waktu empat tahun, Indonesia sudah memiliki 1.307 startup. Jumlah ini melebihi negara lainnya seperti Iran yang butuh 10 tahun untuk menghasilkan 1.000 startup.
 
"Saya ingin bandingkan dengan negara lain startup yang dikembangkan oleh Iran pada 2004 kita ketinggalan jauh. Sampai pada 2014, saya tanya berapa startup yang sudah dikembangkan jadi industri sudah 1.000 startup selama 10 tahun," papar Nasir.
 
Baca:1307 Start Up Ambil Bagian di ISS 2019
 
Tak hanya itu, omzet startup Indonesia sudah mencapai miyaran rupiah. Startup tersebut mencakup berbagai bidang, seperti Teknologi Informasi, Pangan, Pertanian, Kesehatan, Transportasi, dan lainnya.
 
"Dari startup tersebut ada yang sudah omzetnya mencapai Rp1 miliar hingga Rp7 miliar," tuturnya
 
Dukungan terhadap startup ini sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo mendorong para milenial untuk aktif terlibat dalam mencipatakan inovasi. Milenial didorong menjadi pengusaha muda startup.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif