Orang tua Peserta OSC dari Jayapura Linda (kanan). Foto: Medcom.id /Muhammad Syahrul Ramadhan
Orang tua Peserta OSC dari Jayapura Linda (kanan). Foto: Medcom.id /Muhammad Syahrul Ramadhan

Orang Tua Rela 'Terbang' dari Papua untuk Dukung Putrinya di OSC

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Desember 2019 13:52
Jakarta:Sempat tidak tahu anaknya mengikuti tes Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id, namun Linda, orang tua Angelique Keyko Haryono mengaku senang anaknya lolos sampai tahap akhir. Sebagai bentuk dukungan, Linda yang berdomisili di Papua ini rela terbang ke Jakarta mendampingi langsung putri kesayangannya pada tes offline yang digelar di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.
 
"Setelah tahap administrasi pengumuman, baru diberitahu. Sebelumnya enggak tahu. Bangga juga, wow. Ya kita orang tua senang juga, kalau anak bisa dapat beasiswa. Suatu kebanggaan juga," ungkap Linda kepada Medcom.id di Velodrome, Jakarta Timur, Kamis, 19 Desember 2019.
 
Linda menceritakan, dari teman-temanya yang juga ikut tahap tes online OSC, hanya Angelique yang lanjut ke tahap tesoffline. Ia berharap anaknya bisa diterima di kampus pilihannya, yakni Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdoa, kerja terbaik, semampunya. Kalau rezekinya diterima ya nanti keterima. Tapi saya ingatkan enggak usah tegang," jelasnya.
 
Linda pun mengapresiasi program OSC Medcom.id. Menurutnya program yang turut disponsori Fajar Paper ini menjadi peluang untuk anak-anak Indonesia melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, tanpa harus terbebani biaya kuliah. Apalagi OSC sendiri memberikan beasiswa penuh hingga lulus atau delapan semester.
 
"Kan sekarang pendidikan mahal, dengan OSC ini bisa meringankan kita orang tua. Lagipula untuk anaknya sesuatu yang membanggakan kalau akhirnya diterima. Salah satu cara dia membalas kepada orang tua,"terangnya.
 
Hari ini OSC memasuki tahap terakhir, tes offline. Pada tes offline ini masing-masing perguruan tinggi mempunyai format tes yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara, ada yang hanya wawancara, ataupun juga ada tes berupa diskusi kelompok.
 
Malam nanti di lokasi yang sama, nama-nama 420 peserta yang lolos mendapatkan beasiswa OSC Medcom.id akan diumumkan di Awarding Night OSC 2019. Rencananya akan dihadiri oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud, Ismunandar.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif