Ilustrasi SMK. Foto: Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif
Ilustrasi SMK. Foto: Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif

SMK di Kudus Diminta Mulai Menyederhanakan Kurikulum

Pendidikan Pendidikan Vokasi Kurikulum Pendidikan SMK
Antara • 26 Agustus 2020 20:33
Kudus: SMK di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diminta mulai melakukan penyederhanaan kurikulum yang sifatnya darurat dalam rangka pembelajaran di masa pandemi virus korona (covid-19). Dengan begitu, siswa SMK tetap bisa mengikuti praktikum.
 
"Dengan menyiapkan kurikulum esensial, harapannya sisa waktu tiga bulan pada tahun ajaran sekolah sekarang ini bisa dimaksimalkan," kata pengawas SMK pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Yuli Rifiani di Kudus, Rabu, 26 Agustus 2020.
 
Ia mengungkapkan dalam kurikulum yang disederhanakan harus ada skala prioritas dalam penyampaian materi pelajaran. Sebab, kesempatan belajar pada masa pandemi dipastikan sangat terbatas. Terlebih, siswa SMK dituntut lebih banyak praktikum ketimbang teori, dengan persentase praktik mencapai 70 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya, praktikum yang diikuti siswa nantinya memang benar-benar sangat prioritas dan tidak bisa ditinggalkan," ujarnya.
 
Baca: Membuka SMK untuk Praktikum Diminta Hati-hati
 
Ia berharap kurikulum dibuat untuk semua mata pelajaran dan kelas, sehingga menjadi satu dokumen sebagai jadwal perencanaan skenario praktik sekolah. Termasuk, jadwal berapa siswa yang masuk setiap harinya. Bagi sekolah dengan jumlah murid banyak, dipastikan setiap siswa hanya mendapatkan kesempatan setiap dua pekan sekali mengikuti praktikum.
 
"Pembelajarannya tematik pada materi praktik, sehingga dalam satu materi bisa memuat materi dari mata pelajaran lain sehingga bisa dinilai untuk beberapa mata pelajaran," ujarnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif