Ilustrasi: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi: MI/Panca Syurkani

Mata Pelajaran Agama Islam: 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam

Medcom • 02 Juli 2022 16:00
Jakarta: Rukun iman dan rukun islam adalah 2 hal yang wajib dipahami oleh setiap kaum muslim. Keduanya menjadi hal yang harus diimani bagi seluruh umat muslim.
 
Dilansir dari laman Katalogue.com, iman sendiri artinya membenarkan.  Di dalam syariat islam iman artinya mengakui secara lisan dan membenarkan dalam hati serta mengamalkan dengan tindakan.
 
Sedangkan rukun iman adalah meyakin bahwa Nabi dan Rasul adalah utusan Allah SWT dan keduanya adalah utusan Allah SWT dalam menyampaikan kabar baik maupun ancaman kepada umat manusia.

Rukun Iman terdiri atas 6 hal, yaitu :

1.   Iman kepada Allah

Setiap umat muslim harus percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah dan meyakini bahwa Allah adalah Tuhan di seluruh alam semesta. Sebagai umat muslim maka wajib hukumnya untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya

2.   Iman Kepada Malaikat

Umat agama Islam wajib meyakini bahwa malaikat itu ada dan selalu mengawasi segala perbuatan manusia, baik maupun buruk. Dalam ajaran agama Islam ada 10 malaikat yang harus diketahui tugasnya yakni Jibril (menyampaikan wahyu), Mikail (membagi rezeki), Israfil (meniup sangkakala), Izrail (mencabut nyawa), Munkar dan Nakir (menanyakan umat di alam kubur), Raqib dan Atid (mencatat amal baik dan buruk manusia), Malik (menjaga pintu neraka) dan Ridwan (menjaga pintu surga)

3.   Iman kepada Kitab Allah

Kitab diturunkan Allah kepada Nabi dan Rasul-Nya untuk menuntun umat ke jalan yang benar. Setiap umat muslim wajib mengetahui dan mempercayai bahwa ada beberapa kitab Allah yang diturunkan di dunia yaitu Taurat (Nabi Musa), Zabur (Nabi Naud), Injil (Nabi Isa), dan Al Qur’an (Muhammad SAW).

4.   Iman kepada Nabi dan Rasul

Setiap umat muslim harus meyakini bahwa Nabi & Rasul adalah utusan Allah yang bertugas membimbing umat-Nya ke jalan Allah. Sehingga setiap ajaran dan tindakan yang diajarkan oleh nabi dan rasul wajib diimani.

5.   Iman kepada Hari Kiamat

Seluruh umat muslim harus meyakini bahwa tiada hal yang abadi di dunia dan wajib mempercayai adanya hari akhir atau kiamat

6.   Iman Kepada Qada dan Qadar

Qada adalah ketetapan yang ditetapkan Allah sejak manusia lahir dan Qadar adalah ketentuan Allah yang belum terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi. Umat muslim wajib meyakini bahwa semua hal sudah ditentukan dan ditetapkan oleh Allah.
 
Rukun Islam merupakan praktik umat muslim yang paling utama. Rukun Islam terdiri dari 5 kewajiban yang harus diikuti dan dipenuhi oleh umat muslim untuk menjalani kehidupan yang balik dan sesuai dengan syariat agama.

Rukun Islam terdiri atas 5 hal yakni :

1.   Syahadat

Rukun islam yang pertama adalah syahadat. Untuk menjadi seorang muslim anda harus mampu melafalkan kalimat syahadat dengan tulus karena keyakinan ini sangat fundamental di Islam.
Kalimat syahadat adalah “Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

2.   Salat

Kewajiban umat muslim yang kedua adalah sholat 5 waktu. Adapun waktu sholat umat islam adalah Shubuh, Dzhuhur, Ashar, Magrib dan Isya’.

3.   Zakat

Rukun islam yang ketiga adalah zakat. Zakat merupakan amal yang Allah wajibkan untuk dibayar seluruh umat musliim setiap tahunnya. Pembayarannya dilakukan kepada orang-orang yang rentan, kurang mampu dan layak secara ilahi.

4.   Puasa di Bulan Ramadan

Kaum muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa di Bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam yang dianggap sebagai bulan suci untuk beribadah dan berpuasa. Bulan Ramadhan diawali dan diakhiri dengan bentuk bulan sabit seiring dengan kalender hijriah.

5.   Haji

Rukun Islam yang kelima adalah melaksanakan ibadah haji bila mampu. Selama melaksanakan ibadah haji, umat muslim menyelesaikan serangkaian kegiatan yang sesuai dengan syariat Islam.
 
Lima Rukun Islam adalah seperangkat kewajiban agama yang disyariatkan untuk umat muslim sebagai kerangka dari kehidupan dan keyakinan mereka. Tindakan yang dilakukan menunjukkan pengabdian mereka terhadap agama dan keyakinan mereka yang tulus. (Syeha Alhaddar)
 
Baca juga:  Mengintip Indonesia dari Letak Astronomis dan Batas Wilayahnya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif