Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Simak, Daftar 8 Kampus Termahal di Indonesia

Arga sumantri • 12 Januari 2022 17:50

3. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan (UPH) memiliki 12 fakultas di berbagai bidang. Terdapat berbagai pilihan jurusan populer seperti Hukum, Psikologi, dan Akuntansi. 
 
Ada pula pilihan jurusan teknik termasuk Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknologi Pangan. Pilihan jurusan lainnya adalah Farmasi, Kedokteran, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya.
 
Jika kuliah di UPH hingga lulus, dapat menghabiskan biaya hingga kurang lebih Rp200 juta. Wow, tinggi juga ya?

4. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra berupaya mencetak mahasiswa agar menjadi entrepreneur sesuai keahlian masing-masing. Pendidikan dan praktik entrepreneurship diberikan merata mulai dari awal perkuliahan hingga akhir perkuliahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fakultas yang tersedia yakni School of Business and Management, School of Creative Industry, School of Tourism, School of Information Technology, School of Medicine, School of Psychology, School of Communication Science and Media Bussines, dan School of Entrepreneurship and Humanities.
 
Baca: Kemendikbudristek: 50% Kampus Punya Satgas PPKS Sudah Alhamdulillah
 
Terkait biaya, besaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di Universitas Ciputra untuk program reguler sebesar Rp10 juta-Rp36 juta Selain itu, terdapat biaya Satuan Kredit Semester (SKS) Rp500 ribu-Rp700 ribu.
 
Kalau kita simulasikan dalam 1 semester mengambil 20 SKS, setidaknya harus menyiapkan dana minimal Rp10 juta-Rp14 juta per semesternya. Besaran ini belum termasuk biaya lainnya ya!

5. Universitas Trisakti

Quipperian, tahukah kamu kalau Universitas Trisakti adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia? Kampus ini juga disebut-sebut sebagai salah satu kampus paling mahal!
 
Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) terendah di Universitas Trisaksi sebesar Rp14,5 juta. Sementara BPP tertinggi (Fakultas Kedokteran) sebesar Rp32,3 juta. BPP ini wajib dibayar setiap semester.
 
Jika melihat keseluruhan, estimasi biaya kuliah hingga lulus di Universitas Trisakti adalah Rp131,3 juta- Rp184,8 juta. Khusus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, biayanya jauh lebih mahal. 
 
Untuk Fakultas Kedokteran, biayanya dapat mencapai Rp556 juta–Rp606 juta. Sedangkan, Fakultas Kedokteran Gigi mencapai Rp456,1 juta-Rp521,1 juta.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif