Menteri Keuangan Sri Mulyani pada pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022. DOK UI
Menteri Keuangan Sri Mulyani pada pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022. DOK UI

Pesan Sri Mulyani ke Mahasiswa Baru UI: Anda Bertugas Bawa Indonesia Jadi Negara Maju

Renatha Swasty • 09 Agustus 2022 12:18
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) merupakan generasi yang menentukan sebuah negara berjalan maju, di tempat, atau bahkan mundur. Cara berpikir generasi muda bersikap dan berorganisasi menentukan Indonesia jalan di tempat, mundur, atau maju.
 
"Kalau kita mampu berpikir kritis, bisa menjaga integritas, terus meningkatkan kompetensi dan profesionalitas, kita mampu bergaul secara dunia namun tidak kehilangan identitas dan kultur sendiri. Itu adalah harapan. Oleh karena itu, kita selalu berpikir positif, kompeten, dan profesional," kata Ani sapaan akrab Sri Mulyani pada pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022 dalam keterangan tertulis, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Ani menyebut mahasiswa baru UI merupakan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari universitas terbaik di Indonesia. Ani mengatakan mereka memiliki masa depan yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membawa Indonesia ke depan menjadi negara yang maju, beradab, berkeadilan, adil, dan makmur. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia,” ujar Ani saat menyampaikan materi berjudul "Globalisasi dan Peran Mahasiswa dalam Mendukung Daya Saing Bangsa Indonesia".
 
Ani berharap UI sebagai satu-satunya perguruan tinggi (PT) yang menyandang nama negara menjadi terdepan dalam memegang peran penting untuk meningkatkan daya saing bangsa. Hal itu untuk menjadikan perekonomian Indonesia stabil dan mampu beradaptasi dengan adanya perubahan global.
 
Dia juga menjelaskan pandemi covid-19 merupakan salah satu fenomena global yang berdampak luas dalam beberapa aspek, termasuk ekonomi negara. Ani menuturkan mengacu pada tiga tahun terakhir, pandemi covid-19 merupakan fenomena terdahsyat dalam 100 tahun terakhir di dunia.
 
Selain berdampak pada segi kesehatan, pandemi menyebabkan mayoritas negara di dunia mengalami penurunan, baik dalam aspek sosial, ekonomi, dan keuangan. Ani menuturkan dari segi ekonomi misalnya, pemerintah Indonesia mengumumkan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi secara tajam, inflasi meningkat, dan harga pokok meningkat sejak pandemi covid-19.
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif