Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat bermalam bersama orang rimba. Foto: Dok. Kemendikbudristek
Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat bermalam bersama orang rimba. Foto: Dok. Kemendikbudristek

Nadiem Menginap Bersama Orang Rimba Saat Kunjungan Kerja di Jambi

Pendidikan Nadiem Makarim Merdeka Belajar Kemendikbudristek
Antara • 22 September 2021 20:05

Namun ada kalanya anak-anak orang rimba meminta dispensasi ke sekolah, tidak harus selalu pendidikan dilangsungkan di ruang kelas. Misalnya ketika orang tuanya melangun (masuk ke dalam hutan mencari makanan), anak-anak yang sekolah ikut melangun.
 
Dengan penyesuaian-penyesuaian tersebut beberapa anak rimba sudah berhasil mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Sebagaimana disampaikan Tumenggung Ngrip, melalui proses pendidikan yang diikuti tersebut sudah ada tiga orang anak Orang Rimba yang kini sedang belajar di Kota Jambi. Dan ada juga yang sedang mengikuti pendidikan sekolah polisi.
 
Kepada Nadiem, Tungganai Basemen tetua adat Orang Rimba mengatakan mereka membutuhkan guru yang datang ke lokasi pemukiman mereka.  “Kalau sekolah di luar rimba, susah anak kami bepak, kami kalau buloh minta sekolahnya di dalam rimba tempat kami," kata Tungganai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tungganai menjelaskan bahwa Orang Rimba masih berpindah untuk mencari penghidupan. Kondisi ini menyulitkan bagi anak-anak mereka yang ingin bersekolah. Tanpa sekolah Tungganai khawatir akan masa depan Orang Rimba ke depannya.
 
Sementara itu, saat memberikan keterangan pers di Candi Kedaton kawasan Percandian Muaro Jambi, Nadiem Makarim mengatakan, pengalaman bermalam bersama orang rimba tidak akan Ia lupakan seumur hidupnya. Nadiem mengatakan Ia mengambil pelajaran yang sangat berharga saat bermalam dengan orang rimba.
 
Nadiem memberikan apresiasi yang tinggi terhadap guru yang memberikan pendidikan kepada anak-anak orang rimba. Sebab sangat sulit untuk memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak orang rimba yang hidupnya masih berpindah-pindah.
 
"Saya banyak belajar mengenai seperti apa pendidikan di pinggiran, tentang guru yang harus masuk hutan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak orang rimba khususnya," kata Nadiem Makarim.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif