Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Data Pribadi Penerima BSU Kemendikbud Diduga Bocor

Pendidikan Kesejahteraan Guru Bantuan Pendidikan Guru Honorer Anggaran Pendidikan Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 20 November 2020 07:05
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mengalirkan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (PTK) non PNS atau honorer. Ada kabar tak sedap di tengah proses distribusi BSU itu, yakni diduga tersebarnya data pribadi penerima bantuan.
 
Informasi yang diterima, data itu tersebar di beberapa WhatsApp Grup (WAG) PTK. Medcom.id mendapati data tersebut terlampir dalam format Microsoft Word dangan nama file 'Data Penerima BSU Guru Honorer'.
 
Di dalamya, terdapat 175.000 list nama guru. Lengkap dengan tempat tugas guru, kecamatan, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nomor Induk Kependudukan, ID BSU, Nama Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nama tempat tugas, nomer rekening, hingga kantor wilayah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:BSU Dipotong Pajak, Bantuan yang Diterima Guru Bakal Tak Utuh
 
Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar menyebut pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Direktorat Jendral (Ditjen) GTK. Sebab, semua sistem dan data berada di direktorat tersebut.
 
"Saya harus konfirmasi ke Ditjen GTK dulu sebagai pengelola sistem InfoGTK ya," kata Kahar kepada Medcom.id, Kamis malam, 19 November 2020.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif