Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yulius Satria
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Antara/Yulius Satria

SBY Tentukan Sikap Politik Demokrat Hari Ini

Pemilu pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 21 Mei 2019 15:20
Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan sikap politik untuk partainya pascapengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sikap politik itu akan disampaikan pada hari ini atau lebih cepat satu hari dari rencana awal.
 
"Ketum Partai Demokrat SBY dari Singapura akan mengeluarkan statement pada hari ini sebagai pernyataan resmi Partai Demokrat," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan kepada wartawan, Selasa 21 Mei 2019.
 
SBY menyampaikan sikap politik itu dari Singapura karena masih medampingi istrinya, Ani Yudhoyono. Ani saat ini masih dirawat di National Hospital University, Singapura, akibat kanker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan memastikan Demokrat akan mengakhiri koalisi dengan kubu Prabowo-Sandi setelah penetapan hasil Pemilu 2019. Selama ini Demokrat selalu mendukung Prabowo-Sandi, karena terikat etika politik dengan Koalisi Adil dan Makmur.
 
"Iya (koalisi berakhir). Kan bukan koalisi sampai mati toh. Koalisi parpol untuk capres. Nah, capres itu habis batas waktunya 22 Mei. Nah peluit terakhir ditiupkan oleh wasit dalam hal ini KPU itu nanti tanggal 22 Mei. Kalau sudah ditiup peluit pertandingan berakhir, ya berakhir," ujarnya di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Senin, 20 Mei 2019.
 
Ia kemudian mengibaratkan dukungan koalisi seperti main bola. Menyentuh garis finish adalah kewajiban bagi setiap pemain. Garis finish dimaksud ialah hingga KPU menetapkan pemenang Pemilu 2019.
 
"Jadi begini, medali emas itu adalah cita-cita yang harus anda perjuangkan. Bagi Partai Demokrat menyentuh garis finish koalisi harus kami tuntaskan dengan konsisten sampai 22 Mei itu. Saat ini saya luruskan Demokrat tetap 02, sampai nanti tanggal 22 Mei," jelasnya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif