Rapat pleno KPU DKI Jakarta - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Rapat pleno KPU DKI Jakarta - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

KPU DKI Tetapkan Jumlah Kursi dan Caleg DPRD

Pemilu pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 12 Agustus 2019 18:49
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta menggelar rapat pleno terbuka penetapan anggota DPRD terpilih. Rapat digelar usai Mahkamah Konstitusi (MK) merampungkan sidang sengketa Pileg 2019.
 
"Dari 1.615 caleg, hanya 106 yang punya jatah kursi untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta," kata Ketua KPUD DKI Jakarta Betty Epsilon di Hotel Merlyn Park, Jakarta Pusat, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Betty mengungkapkan tingkat partisipasi Pemilu 2019 di Ibu Kota mencapai 79,23 persen. Angka ini, kata dia, tertinggi sejak Reformasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rapat pleno akan dibuat dalam dua tahap. Tahap pertama, membacakan perolehan setiap daerah pemilihan dari setiap partai politik.
 
"Silakan bapak ibu punya catatan, nanti akan kita langsung metode Sainte Lague, lalu kita urutkan kemudian kita tetapkan perolehan kursi untuk partai apa di setiap dapil yang ada," tutur Betty.
 
Tahap kedua, menentukan anggota legislatif terpilih yang bisa duduk di kursi dewan. "Kalau ada tiga alokasi kursi untuk parpol terkait, maka diberikan kepada caleg yang memperoleh suara terbanyak, urutan satu, dua, ketiga di setiap dapil," jelas dia.
 
Rapat pleno juga dihadiri KPUD Jakarta, Bawaslu DKI Jakarta serta perwakilan partai politik peserta pemilu. Tiga partai belum hadir yakni Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hanura.
 
(Baca juga:Gugatan Pileg yang Dikabulkan Menurun)
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif