Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno selesai gunakan hak suaranya di TPS. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno selesai gunakan hak suaranya di TPS. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

BPN Jawab Misteri Hilangnya Sandiaga

Pemilu pilpres 2019 Prabowo-Sandi
M Sholahadhin Azhar • 18 April 2019 13:23
Jakarta: Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, angkat bicara soal absennya Sandiaga Uno saat deklarasi kemenangan. Misteri hilangnya Sandi ramai disinggung di media sosial (medsos).
 
Dahnil menyebut calon wakil presiden nomor urut 02 itu sejak awal hingga akhir pemungutan suara Rabu, 17 April 2019, berada di kediaman Prabowo. Namun, Sandi sempat kelelahan.
 
"Diminta Pak Prabowo istirahat di kamar atas, di kamarnya Pak Prabowo. Jadi enggak ada (di acara). Orang saya di situ. Banyak yang di situ," kata Dahnil di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 18 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dahnil pun memerinci kronologi Sandi yang diminta beristirahat. Awalnya, Sandi cegukan tak berhenti karena capek mengingat aktivitasnya sejak Subuh terus berlanjut hingga siang.
 
Sandiaga, kata Dahnil, tidur pukul 01.00 WIB dan langsung salat Tahajud sejam setelahnya. Dia kemudian salat Subuh berjemaah dan ikut menggunakan hak pilih pada pukul 07.00 WIB.
 
"Habis pemilihan Bang Sandi sudah di sini (Kertanegara) duduk bareng Pak Prabowo sambil diskusi nunggu berita dari kawan-kawan di lapangan," jelas Dahnil.
 
Ia menegaskan Sandi istirahat lantaran cegukannya tak berhenti. Dahnil pun mengonfirmasi ketidakhadiran sejumlah elite partai koalisi. Menurut dia, mereka berada di belakang panggung saat Prabowo berpidato.
 
"Bang Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) cek real count PAN, Pak Sohibul (Presiden PKS Sohibul Iman) juga cek real count PKS. Kan di sini ada Pak Salim, PAN ada Pak Amien (Amien Rais), (Partai) Berkarya ada Pak Priyo (Priyo Budi Santoso) dan Mbak Titiek (Titiek Soeharto)," jelas Dahnil.
 
Sebelumnya, isu adanya konflik di dalam Koalisi Adil dan Makmur kencang berembus. Sandi dikabarkan tak ingin mendeklarasikan kemenangan karena belum ada kepastian.
 
Namun, Prabowo bersikeras melaksanakannya. Ujungnya, Sandiaga tak menemani Prabowo saat deklarasi di kediamannya. Hilangnya Sandi di deklarasi ini pun menjadi buah bibir.
 
Baca: Prabowo Diminta Belajar dari Masa Lalu
 
Sementara itu, berdasarkan hitung cepat, calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin diprediksi memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Dari hasil penghitungan sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf meraih 54 persen suara, sedangkan rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 45 persen.
 
Namun, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan resmi hasil perhitungan suara yang sah pada 22 Mei 2019.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif