?Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Faisal/Abdalla.
?Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Faisal/Abdalla.

Panelis Rampungkan Pertanyaan Debat Pilpres

Pemilu pilpres 2019
Faisal Abdalla • 07 Januari 2019 16:44
Jakarta: Tim panelis sudah merampungkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan saat debat kandidat pasangan calon presiden 2019. Pertanyaan itu kini dalam tahap verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
"Daftar soal kan sudah dibuat dari panelis kan hari Sabtu dan Minggu kemarin (5-6 Januari 2019), sudah selesai," kata Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 7 Januari 2019.
 
Selanjutnya KPU membutuhkan waktu beberapa hari untuk memeriksa daftar pertanyaan yang telah disusun tim panelis. KPU akan memeriksa konten pertanyaan hingga redaksionalnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya, pertanyaan harus mudah dibaca moderator. Selain itu, konten pertanyaan tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu paslon.
 
"Dengan penyerahan soal dari panelis kepada KPU maka praktis tugas panelis itu sudah selesai. Jadi panelis kalaupun mereka hadir di acara debat kandidat itu statusnya sebagai undangan KPU, bukan sebagai panelis. Mereka di sana sudah tidak ada perannya lagi," imbuh Pramono.
 
Baca: Bocoran Pertanyaan Buat Kualitas Debat Makin Berisi
 
Daftar pertanyaan tersebut nantinya akan diundi untuk para Paslon. Soal akan dibacakan moderator dan dijawab oleh paslon.
 
Debat publik capres-cawapres pertama dijadwalkan a digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.
 
Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu yang diangkat meliputi isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif