Bambang Praswanto (tengah jaket hitam) di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia vicka
Bambang Praswanto (tengah jaket hitam) di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia vicka

Petahana PDI Perjuangan DIY Dominasi Kursi

Pemilu penghitungan suara pileg pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 08 Mei 2019 16:18
Yogyakarta: Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DIY Bambang Praswanto memperkirakan calon anggota legislatif (caleg) yang lolos menjadi didominasi petahana. Baik untuk tingkat DPR RI, DPRD Provinsi ataupun DPRD Kabupaten/Kota.
 
Bambang menjelaskan PDI Perjuangan mendapat dua Kursi di tingkat DPR RI. Dua petahana, Idham Samawi dan My Esti Wijayanti, kembali melenggang ke Gedung Senayan. "Berhasil lolos dua-duanya petahana. Pak Idham dan Bu Esti," ujar Bambang melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Rabu 8 Mei 2019.
 
Sementara di level DPRD provinsi, Bambang memperkirakan hampir 90 persen kursi yang diraih kembali diduduki petahana. Misalnya di Kota Yogyakarta, dua petahana dari tiga caleg lolos ke DPRD provinsi berdasarkan perhitungan sementara tim internal partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kota Yogyakarta kita dapet tiga kursi. Sebagian besar masih petahana yang lolos,"kata pria yang juga mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI.
 
Tiga caleg yang lolos yakni Eko Suwanto, Imam Priyono dan Dwi Wahyu. Hanya Imam Priyono yang merupakan pendatang baru. Dia belum bisa bicara banyak soal peraihan kursi di Kabupaten Sleman, Gunung kidul , Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.
 
"Harapannya di Sleman kami bisa dapat lima sampai enam kursi, kalau di Gunung kidul, kulonprogo dan Bantul bisa dapat masing-masing tiga kursi,"pungkasnya
 
PDI Perjuangan menargetkan mendapat 17 kursi di posisi DPRD pada pemilu 2019 ini. Humlah ini naik tiga kursi di bandingkan pemilu 2014 yang hanya mendapatkan 14 kursi. Sementara untuk DPRD kabupaten atau kota, PDI Perjuangan menargetkan memperoleh 75 kursi dari sebelumnya 58 kursi.
 


 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif