Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

OSO Menang

Pemilu pemilu serentak 2019
Dheri Agriesta • 30 Oktober 2018 12:38
Jakarta: Mahkamah Agung mengabulkan gugatan uji materi yang diajukan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). Dia menggugat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pencalonan perseorangan peserta pemilu DPD RI yang menyebabkan namanya dicoret dari daftar calon anggota DPD.
 
"Ya benar, jadi baru dapat dari manajemen perkara dikabulkan permohonan itu," kata Juru bicara Mahkamah Agung Suhadi saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 30 Oktober 2018.
 
Gugatan OSO terdaftar dengan nomor 65/P/HUM/2018. KPU menjadi pihak termohon dalam gugatan yang diajukan Ketua DPD RI itu. Keputusan itu dikabulkan majelis yang dipimpin Hakim Agung Supandi dengan anggota Is Sudaryono dan Yulius. Gugatan ini diketok pada Kamis, 25 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:OSO tak Terima Dicoret sebagai Calon Anggota DPD)
 
Namun, Suhadi tak bisa memerinci putusan yang membuat OSO bisa maju sebagai calon anggota DPD RI. Ia mengaku belum mendapatkan rincian putusan tersebut.
 
"Rinciannya kita belum bisa pastikan, akan kita umumkan nanti, seharusnya tidak akan lama," kata Suhadi.
 
PKPU Nomor 26 Tahun 2018 melarang pengurus partai politik maju sebagai calon anggota DPD RI. Aturan ini menjadi tolok ukur KPU mencoret nama OSO.
 
Ketua DPD RI itu sempat menggugat putusan KPU ke Badan Pengawas Pemilu. Tapi, Bawaslu menolak gugatan OSO dan menyatakan pencoretan yang dilakukan KPU sah.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif