Ketua KPU Arief Budiman. Foto: MI/Pius Erlangga.
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: MI/Pius Erlangga.

KPU Optimistis Debat Pilpres 2019 Lebih Menarik

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 09 Januari 2019 02:00
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan kisi-kisi pertanyaan debat Pilpres 2019 akan dikirimkan kepada paslon tujuh hari sebelum pelaksanaan debat. Meski begitu, KPU optimistis debat tak akan kehilangan esensi.
 
"Debat kali ini sebetulnya lebih menarik dibanding debat-debat sebelumnya, karena debat yang dulu-dulu sesi debat baru terjadi di segmen-segmen terakhir," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Berbeda dengan debat terdahulu, jelas Arief, format baru menyajikanperdebatan antarpasangan yang terjadi sejak segmen awal debat. Kisi-kisi yang diberikan kepada paslon sebelumnya juga tak akan mengurangi esensi debat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski para paslon sudah diberitahu gambaran umum pertanyaan yang disusun panelis, namun mereka tetap tidak mengetahui pertanyaan mana yang akan diajukan.Panelis menyusun total 20 pertanyaan dari empat isu yang akan diangkat.
 
Paslon akan memilih pertanyaan melalui sistem undian.Paslon akan menjawab pertanyaan yang disusun panelis pada segmen dua dan segmen tiga.
 
"Pasangan calon pun tidak tahu pertanyaan nomor berapa yang mereka jawab. Jadi sebetulnya ya masih setengah-setengah, setengah terbuka," beber Arief.
 
Baca juga: Debat Harus Lebih Substansial
 
Setelah itu, debat akan memasuki segmen pertanyaan tertutup. Pada segmen ini, setiap paslon berhak mengajukan pertanyaan kepada paslon lain. Jawaban dari paslon akan ditanggapi oleh paslon penanya, dan tanggapan dari paslon penanya akan ditanggapi lagi oleh paslon yang menjawab. Sesi ini akan berlangsung di segmen empat dan lima.
 
"Ini jauh lebih punya rasa debat dibanding debat-debat sebelumnya karena sejak awal ada pertanyaan sampai dengan segmen akhir tentang jawab-menjawab. Ini semua diformat dalam bentuk menjawab, menanggapi, dan menanggapi tanggapan," ujar Arief.
 
Saat ini KPU terus melakukan persiapan menghadapi debat perdana Pilpres 2019, Kamis, 17 Januari 2019. Pada 10 Januari 2019 mendatang, KPU akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi digelarnya debat bersama semua pihak terkait seperti panelis, moderator, hingga tim kampanye kedua pasangan calon.
 
Debat perdana pilpres akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Isu yang akan diangkat pada debat perdana adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.
 

 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif