Komisioner KPU Jatim mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tingkat Provinsi Jatim. (Medcom.id/Amal).
Komisioner KPU Jatim mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tingkat Provinsi Jatim. (Medcom.id/Amal).

KPU Jatim Target Rekapitulasi Tuntas Lima Hari

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Amaluddin • 05 Mei 2019 16:23
Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menargetkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 tingkat Provinsi Jatim selesai dalam waktu lima hari. KPU Jatim sendiri memiliki batas waktu rekapitulasi selama sepekan, atau sejak 5-10 Mei 2019.
 
"Tapi kami target tuntas dalam lima hari, syukur-syukur bisa dilaksanakan selama tiga hari," kata Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, di sela rapat pleno rekapitulasi di hotel Singgasana, Surabaya, Minggu, 5 Mei 2019.
 
Anam mengatakan Jatim merupakan provinsi terbesar kedua setelah Jawa Barat dalam jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah pemilih di Jatim mencapai 30.912.945 dari 39,29 juta jiwa, dan 130.010 TPS. Menurut Anam, tidak mudah melakukan proses hajatan akbar yang dilaksanakan secara serentak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 di Jatim berjalan aman, lancar dan kondusif. Mudah-mudahan rekapitulasi ini berjalan aman dan lancar. Sehingga bisa selesai sebelum batas waktu yang ditentukan," ujarnya.
 
Dengan kehadiran jutaan masyarakat Jatim di TPS, Anam yakin target partisipasi kehadiran pemilih di Jatim melebihi target nasional 77,5 persen. "Target kami pemilih di Jatim di atas 80 persen. Ini capaian prestasi luar biasa dibanding pemilu-pemilu sebelumnya," katanya.
 
Meski demikian, Anam tak menampik dalam kontestasi demokrasi yang sudah dilaksanakan, ada banyak dinamika-dinamika yang terjadi. Namun, dia melihat langsung proses dinamikan yang terjadi bisa diselesaikan di tingkat TPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota.
 
"Meski ada dinamika yang belum mampu kita tuntaskan bersama, tapi masih ada saluran lain yang bisa dilakukan secara legal formal, baik melalui Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi (MK)," ujarnya.
 
Hari pertama pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara, baru dilakukan untuk 7 kota. Masing-masing kota Blitar, Pasuruan, Kediri, Mojokerto, Madiun, Batu dan Probolinggo.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif