Moderator debat perdana Pilpres 2019 Ira Koesno. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Moderator debat perdana Pilpres 2019 Ira Koesno. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Ira Koesno Ingin Debat Pilpres Panas

Pemilu debat capres cawapres
Faisal Abdalla • 10 Januari 2019 19:21
Jakarta: Moderator debat perdana Pilpres 2019 Ira Koesno berharap acara yang dipandunya berlangsung panas. Debat diharap dapat memberikan pencerahan kepada publik dalam menentukan pilihan.
 
"Tapi ya panasnya harus terkontrol, jangan meledak," kata Ira di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Januari 2019.
 
Ira mengaku punya strategi untuk mengatasi debat jika berjalan terlalu panas. Sesuai aturan, moderator memiliki otoritas untuk mengeluarkan pihak yang membuat keributan dari arena debat setelah tiga kali peringatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga menilai kisi-kisi pertanyaan debat yang dikirimkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada para pasangan calon (paslon) tak akan mengurangi esensi debat. Pasalnya, pertanyaan yang disusun panelis lebih bersifat sebagai pemantik.
 
Paslon, kata dia, bakal dituntut untuk mampu mengelaborasi visi-misi dan program yang telah mereka susun. Ira pun membantah bila debat menjadi tak asyik karena ada kisi-kisi. "Pertanyaan ini kan sifatnya berbalas. Jadi ada pertanyaan, kemudian ditanggapi, kemudian ditanggapi lagi."
 
Mantan penyiar TV swasta itu mengakui tugas moderator debat Pilpres 2019 adalah tantangan baru bagi dirinya. Meski sudah pernah memandu debat Pilpres 2004 dan debat Pilgub DKI 2017 lalu, debat pilpres kali ini situasinya sudah jauh berbeda.
 
"Sekarang kan eskalasi sudah lebih tinggi karena level nasional, tetapi insyaallah kita amanah," tukas dia.
 
Baca: Ira Koesno Ajak Masyarakat Tonton Debat Pilpres
 
Ira berharap kedua paslon bisa memanfaatkan debat publik sebagai ajang untuk menyosialisasikan visi-misi. Dengan begitu, pemilih semakin termotivasi untuk menyalurkan suaranya pada Pilpres 2019.
 
"Karena yang paling penting adalah masyarakat mau memilih. Jangan golput (golongan putih)," ungkap dia.
 
Sementara itu, debat perdana pilpres digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Januari 2019. Isu yang akan diangkat pada debat perdana adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif