Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memimpin rapat pleno penetapan jumlah kursi DPR hasil Pemilu 2019. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memimpin rapat pleno penetapan jumlah kursi DPR hasil Pemilu 2019. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Legislator Terpilih dari PDIP Paling Tak Patuh Menyerahkan LHKPN

Pemilu pemilu serentak 2019
Nur Azizah • 31 Agustus 2019 18:04
Jakarta: Anggota DPR terpilih dari PDI Perjuangan (PDIP) paling tak patuh dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dari 128 legislator terpilih PDIP, baru 71 orang atau 55 persen yang sudah melaporkan harta kekayaannya.
 
"(Partai) Gerindra, jumlah calon terpilih 78 orang telah menyerahkan 63 orang atau 81 persen, yang belum menyerahkan 15 orang," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman saat menyampaikan rekap LHKPN di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 31 Agustus 2019.
 
Legislator dari Partai NasDem yang sudah menyerahkan LHKPN sebanyak 55 dari total 59 orang. Artinya, 93 persen legislator NasDem sudah menyerahkan LHKPN. Legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga 93 persen yang menyerahkan LHKPN. Sedangkan, legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 48 dari 50 orang atau sekitar 96 persen sudah melaporkan harta kekayaannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Legislator dari Partai Demokrat yang sudah menyerahkan LHKPN sebanyak 46 dari 54 orang atau 85 persen. Sementara itu, Legislator dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) paling patuh dalam melaporkan LHKPN.
 
"PPP, PAN, dan Golkar sudah 100 persen. Yang belum menyerahkan 0," kata Arief.
 
Arief meminta para legislator terpilih untuk segera melaporkan harta kekayaannya sebelum 8 September 2019. Para legislator tidak akan dilantik bila belum menyerahkan LHKPN.
 
"Masih ada tujuh hari lagi untuk melengkapi LHKPN," pungkas Arief.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif