TKI Madinah Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Faisal Abdalla 24 November 2018 22:23 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
TKI Madinah Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf
Deklarasi TKI di Madinah dukung pasangan Jokowi-Ma'ruf. Foto: Istimewa
Jakarta:Ratusan pekerja migran di Kota Madinah, Arab Saudi mendeklarasikan dukungan pada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mereka merasakan kebijakan Presiden Jokowi selama menjabat telah berpihak kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Ratusan buruh migran yang tergabung ke dalam komunitas relawan Pejuang Jokowi ini mengaku siap berjuang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.


"Kita harus bersatu dalam berjuang, karena kemenangan Bapak Jokowi dan KH Ma’aruf Amin adalah kemenangan TKI dan Bangsa Indonesia," kata perwakilan Pengurus Pejuang Jokowi Saudi Arabia, Mustofa Harun, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 24 November 2018. 

Mustafa mengajak simpatisan Jokowi-Ma'ruf untuk berjuang dengan cara yang baik. Dia melarang simpatisan Jokowi di Arab Saudi menggunakan cara-cara negatif seperti saling memaki dan menyebar hoaks. 

Eko, salah seorang tokoh pekerja migran di Madinah mengatakan alasan dirinya mendukung Jokowi dalam pemilu 2019. Ia bilang dirinya merasakan kebijakan Jokowi selama menjabat sebagai presiden telah berpihak kepada TKI. Salah satu kebijakan Jokowi yang dinilai membantu TKI adalah dihapuskannya Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

"Dulu kalau kita pulang ke Indonesia dan akan kembali bekerja ke luar negeri, selalu dipusingkan dan dikhawatirkan dengan urusan KTKLN. Belum lagi sebagian di antara kita menjadi korban para oknum dan calo. Tapi setelah Pak Jokowi menjadi Presiden, Alhamdulillah KTKLN dihapuskan," kata Eko. 

Eko mengatakan sejak Jokowi menjabat sebagai presiden tidak ada lagi diskriminasi terhadap TKI di bandara Indonesia. TKI diperlakukan sama seperti penumpang lain di bandara. 

"Kita tiba di Bandara Indonesia sudah kaya turis dan tidak kelihatan kalau kita sebagai TKI. Jadi kalau ada TKI yang tidak dukung Jokowi, perlu dipertanyakan status TKI-nya. Karena fakta dapat dirasakan kebijakan Pak Jokowi selalu berpihak kepada TKI,” lanjut Eko.

Lebih lanjut, Eko memastikan dirinya siap berjuang memenangkan pasangan nomor urut 01. Dia juga siap mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia di kota Madinah untuk bergabung memenangkan Jokowi-Ma'ruf. 

Selain kota Madinah, deklarasi dukungan Pekerja Migran Indonesia kepada Jokowi-Ma'ruf sebelumnya telah dilakukan di beberapa kota Saudi Arabia diantaranya Riyadh, Jeddah, dan Makkah.

Acara deklarasi di kota Madinah tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama. Serta juga dilakukan do’a bersama untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dan bangsa Indonesia.



(SCI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id