Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: MI/Susanto
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: MI/Susanto

Masalah di Pemilu 2019 jadi PR Khusus untuk Dibahas

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Farhan Dwitama • 03 Mei 2019 15:14
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengevaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April 2019 walau masih memerlukan waktu. Beragam persoalan seperti banyak petugas dan pengawas meninggal karena ketatnya waktu hingga dugaan kecurangan yang tak sedikit terungkap jadi pekerjaan rumah khusus bagi evaluasi KPU.
 
"Kalau kita evaluasi menyeluruh penyelenggaraan pemilu ini, semua tugas yang harus kita selesaikan. Rekapitulasi, selesai sengketa hasil itu memakan waktu sampai 40 hari ke depan oleh KPU,” kata Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Jumat 3 Mei 2019.
 
Saat ini pihaknya masih fokus dalam menyelesaikan tugas sebagai penyelenggara pemilu. Evaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 harus dibahas bersama-sama dengan semua pihak untuk pelaksanaan pemilu yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita berharap bisa bersama-sama dengan pembuat undang-undang, dengan masyarakat sipil dan kita penyelenggara untuk terlibat dalam evaluasi itu,” tandas dia.
 
Namun, dia ingin evaluasi dilakukan setelah tahapan penyelenggaran pemilu tuntas. Evaluasi dilakukan harus dicari waktu yang tepat.
 
“Tentu kita harus fokus pada tugas yang belum kita selesaikan, tentu itu harus kita selesaikan pada waktunya,” ucap dia.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif