Awal Masa Kampanye Dinilai Mengecewakan
Peneliti Perludem Fadli Ramadhanil. (Foto: MI/Adam Dwi)
Jakarta: Masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden 2019 terus berjalan. Namun hingga memasuki bulan kedua, belum ada pasangan calon yang benar-benar mengampanyekan gagasannya.

"Kampanye selama satu bulan lebih ini cukup mengecewakan. Tidak muncul atau terlihat apa gagasan yang ingin disampaikan oleh para capres atau politikus kita terkait problem riil di negara kita," ujar Peneliti Perkumpulan untuk Pemili dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 8 November 2018.


Fadli mencontohkan gagasan soal reformasi hukum atau bagaimana menengakkan supremasi hukum agar tidak terjadi lagi kasus suap, korupsi, permainan proyek atau kecurangan dalam jabatan belum pernah dimunculkan. Baik kontestan pilpres maupun politikus sibuk mencari perhatian masyarakat.

"Peserta pemilu kita hanya melihat bagaimana mereka jadi top of mind dalam pemberitaan, membuat sensasi dalam wacana publik, itu saja. Tidak ada dengar gagasan riil bagaimana melakukan pemerataan pendidikan atau ketimpangan soal fasilitas kesehatan," ungkapnya.

Fadli sangsi peserta pemilu yang berkontestasi tidak memiliki ide untuk dimunculkan alih-alih hanya sensasi. Menurut dia banyak orang hebat bahkan pemikir yang memberi masukan kepada para peserta pemilu dari balik layar. 

Hal-hal semacam itu, kata Fadli, harus disampaikan kepada masyarakat bukan cuma perdebatan di ruang publik yang tidak tak ada ujungnya. Terlebih proses kampanye adalah substansi memberikan pendidikan politik di masyarakat. 

"Saya optimistis ini terjadi di bulan awal saja, bulan berikutnya sampai masa terakhir kampanye kita mulai pelan-pelan bisa mendengar gagasan dari kedua pasangan calon, dari kontestan pemilu untuk menjawab berbagai persoalan di masyarakat," jelasnya.





(MEL)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id