Pidato Prabowo di Boyolali Dituding SARA
Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan sambutan saat deklarasi dukungan dari Komando Ulama Pemenangan Prabowo-Sandi (Koppasandi) di Jakarta, Minggu (4/11/2018). Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Jakarta: Pidato calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Boyolali, Jawa Tengah, dituding memuat unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Istilah 'tampang Boyolali' dianggap mendiskreditkan suku tertentu.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga kan sudah melarang SARA dalam kampanye, malah Pak Prabowo ada kecenderungan ke arah sana," kata Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Arya Sinulingga di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 5 November 2018.


Menurut dia, Prabowo telah menyinggung identitas daerah tertentu. Narasi Prabowo juga dinilai kerap menebar pesimistis dan menggambarkan situasi yang tak sesuai dengan kenyataan. Prabowo disarankan menebar pernyataan lebih menyejukkan, terutama bagi masyarakat Boyolali.

"(Kalau begini) kemarahan kawan-kawan di Boyolali bisa dimaklumi. Wajar mereka tersinggung," ujarnya.

Ia membandingkannya dengan model kampanye capres Joko Widodo (Jokowi). Misalnya, saat mengunjungi pasar di Banten. Jokowi memilih meninjau langsung harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional yang ada di Tangerang.

"Ini yang dibuktikan Pak Jokowi bahwa enggak ada masalah harga di pasar," kata Arya.

Baca: Warga Boyolali Terhina Pernyataan Prabowo

Prabowo sempat melontarkan ucapan warga Boyolali tak bisa masuk hotel mewah, dalam pidatonya, Selasa, 30 Oktober 2018. Mereka bisa saja diusir karena 'wajah Boyolalinya'.

Prabowo juga menyebut sederet nama hotel mewah. Ia mengatakan warga Boyolali kemungkinan tak bisa menyebut nama-nama hotel mewah tersebut.

"Saya yakin kalian tak pernah masuk hotel-hotel tersebut. Betul? Kalian kalau masuk mungkin kalian diusir karena tampang kalian tidak tampang orang kaya. Tampang kalian, ya, tampang-tampang Boyolali," ucap Prabowo di depan pendukungnya di Boyolali.





(AGA)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id