Najwa Shihab saat membawakan acara Mata Najwa. Foto: MI/Rommy Pujianto
Najwa Shihab saat membawakan acara Mata Najwa. Foto: MI/Rommy Pujianto

Najwa Shihab Ditolak Jadi Moderator Debat

Pemilu debat capres cawapres
Whisnu Mardiansyah • 22 Januari 2019 15:46
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menolak nama presenter kondang Najwa Shihab menjadi moderator debat kedua pada 17 Februari bulan depan. Selain Najwa, KPU pun mengusulkan nama penyiar berita Tommy Tjokro.
 
"Dua-duanya kayaknya punya afiliasi politik gitu loh. Kalau nama itu yang disebut ya mungkin agak kurang independen," kata Anggota Dewan Pengarah BPN Fadli Zon di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Fadli baru mendengar dua nama itu dinominasikan menjadi moderator debat. Ia meminta tim BPN mengajukan keberatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau bisa carilah orang yang memang tidak terafiliasi politik atau orang yang betul-betul independen," jelas Fadli.
 
Politikus Partai Gerindra itu menyarankan moderator debat dari kalangan akademisi. Akademisi dinilai lebih objektif dibandingkan presenter televisi yang pemiliknya menjadi pendukung salah satu pasangan calon.
 
"Jadi bukan hanya presenter yang bisa membawakan itu," ujar Fadli.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan Najwa Shihab dan Tommy Tjokro untuk menjadi moderator di debat kedua pilpres pada 17 Februari mendatang. Dua nama ini akan menggantikan Ira Kusno dan Imam Priyono yang menjadi moderator di debat perdana, Kamis 17 Januri lalu.
 
Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, nama Nana sapaan akrab Najwa Shihab dan Tommy Tjokro itu dipilih oleh beberapa stasiun televisi. Namun tidak disebutkan stasiun televisi yang dimaksud.
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif