Calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Hafidz Mubarak.
Calon Presiden Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Hafidz Mubarak.

Jokowi-Ma'ruf akan Hadiri Penetapan Paslon Terpilih

Pemilu pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 29 Juni 2019 21:04
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan menghadiri penetapan pasangan calon terpilih. Keduanya dijadwalkan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.
 
"Pasangan calon (Paslon) 01 dijadwalkan akan hadir," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2019.
 
Wahyu mengatakan, dalam susunan acara penetapan paslon terpilih tidak menjadwalkan Jokowi-Ma'ruf untuk memberi sambutan. Namun, KPU menyediakan ruang bagi paslon terpilih memberikan keterangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memberi sambutan kita persiapkan, kita berikan ruang untuk ketemu teman-teman media. Tapi sambutannya tidak di forum itu," ujar Wahyu.
 
Baca: Kubu Prabowo Tak Menghadiri Penetapan Capres Terpilih
 
Sementara, KPU telah menerima informasi kalau paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak menghadiri penetapan capres-cawapres terpilih. Kubu 02 juga tak mengirimkan perwakilannya.
 
"Ya konfirmasinya begitu. Tapi semoga masih ada perubahan sehingga semua paslon bisa hadir," ucap Wahyu.
 
KPU akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan capres-cawapres terpilih pada Minggu, 30 Juni 2019 pukul 15.30 WIB. Sebanyak 150 undangan disebarkan, baik kepada peserta pemilu, penyelenggara pemilu, serta sejumlah lembaga dan instansi lainnya.
 
Penetapan ini merupakan tindak lanjut atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) yang diajukan kubu Prabowo-Sandi. MK menilai gugatan yang diajukan kubu Prabowo tak berlandaskan hukum.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif