Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Ketua KPK Jadi Panelis Debat Pilpres

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 05 Januari 2019 13:11
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan menjadi panelis debat perdana Pilpres 2019. Agus datang rapat bersama kelima panelis lainnya.

"Ya sebagai panelis," kata Agus di ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Januari 2019.

Agus mengatakan telah mempertimbangkan dan mendiskusikan bersama komisioner KPK lainnya untuk terlibat dalam debat pilpres. Dia mengaku sejumlah pihak juga mengajak agar KPK terlibat untuk menegaskan komitmen pemberantasan korupsi oleh paslon capres-cawapres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Diajak KPU termasuk Guru Besar Hukum UI, Hikmahanto Juwana dan Mantan Ketua Mahkamah Agung, Bagir Manan," ujar Agus. (Baca juga: KPK Disarankan Tak Jadi Panelis Debat Pilpres)

KPU telah memutuskan enam panelis yang terlibat dalam debat pertama Pilpres 2019. Selain Agus, lima panelis lainnya ialah Guru Besar Hukum UI, Hikmahanto Juwana; Mantan Ketua Mahkamah Agung, Bagir Manan; Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik; Ahli Hukum Tata Negara, Bivitri Susanti dan Margarito Kamis.

Koordinator Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo dan Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang sebelumnya masuk dalam daftar panelis dicoret oleh KPU. Pencoretan itu atas kesepakatan dari tim pemenangan dari kedua kubu capres dan cawapres.

Debat perdana dijadwalkan digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Format debat menampilkan capres dan cawapres. Isu yang diangkat meliputi isu hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

(Baca juga: Daftar Panelis Debat Perdana Pilpres 2019)
 


(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi