Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Jawa Timur, Soepriyatno (tengah baju biru), dan jajarannya gelar jumpa pers terkait Pemilu 2019. (Medcom.id/Amal).
Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Jawa Timur, Soepriyatno (tengah baju biru), dan jajarannya gelar jumpa pers terkait Pemilu 2019. (Medcom.id/Amal).

Prabowo-Sandi Lempar Handuk di Jatim

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Amaluddin • 25 April 2019 18:55
Surabaya: Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Jawa Timur mengaku pasangan nomor urut 02 kalah Jatim. Soepriyatno mengklaim kekalahan Prabowo-Sandi dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin sangat tipis.
 
"Kami kalah tipis, tapi angkanya tidak kita sebutkan, khawatir dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat gaduh," kata Soepriyatno yang juga menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, saat jumpa pers di Surabaya, Kamis, 25 April 2019.
 
Kekalahan Prabowo-Sandi di Jatim hal wajar, mengingat wilayah tersebut adalah basis nahdliyin dan nasionalis (Ijo-Merah). Di mana cawapres Ma'ruf Amin mewakili suara nahdliyin, sementara Jokowi cendrung nasionalis (PDIP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Soepriyatno, Prabowo-Sandi kalah tipis dari Jokowi di Jatim berdasarkan formulir C1 asli yang didapat dari saksi-saksi di lapangan. Hingga saat ini, data tersebut terus bergerak, mengingat masih ada beberapa daerah di Jatim yang dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).
 
Soepriyatno optimistis timnya di lapangan teliti dalam memverifikasi data C1 yang masuk. "Kami saat ini juga sedang menunggu sisa formulir C1 yang belum terhitung. Kami akan terus memverifikasi lagi hasil datanya, karena masih ada penggelembungan suara dan kecurangan di lapangan," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim itu.
 
Dia mengaku tidak ambil pusing dengan klaim Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur yang menyebut Jokowi-Ma'ruf menang dengan angka 68 persen di Jawa Timur.
 
Sebelumnya, TKD Jokowi-Ma'ruf Jawa Timur mengklaim kemenangan di angka 68 persen di Jawa Timur. Data tersebut berdasarkan hasil rekap data C1 yang dikirim saksi ke Posko TKD Jawa Timur yang prosentasenya mendekati 100 persen.
 
Dari hasil rekap C1 yang masuk ke TKD Jawa Timur, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya kalah di 4 daerah yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Pacitan. Hasil tersebut naik dari Pilpres 2014 yang kekalahan Jokowi terjadi di 14 kabupaten dan kota.
 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif