Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Jokowi Didaulat Sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Roni Kurniawan • 11 November 2018 12:00
Bandung: Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan (PP) mengukuhkan Presiden Joko Widodo sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan pada Minggu, 11 November 2018. Pengukuhan diselenggarakan di kantor pusat PB Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Ketua Umum PB Paguyuban Pasunan Didi Turmudzi mengatakan pemberian gelar Pini Sepuh Paguyuban Pasunan tersenut sebagai bentuk penghargaan kepada orang yang memberikan dedikasinya kepada negara. Jokowi pun dinilai telah memberikan kontribusi yang besar selama memimpin Indonesia hingga kini.
 
“Tokoh manapun, siapapun akan diberi penghormatan khusus dari Paguyuban Pasundan dengan disematkan sebagai sesepuh di Paguyuban Pasunan karena sudah mendedikasikan diri untuk negara," ujar Didi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penghormatan tersebut diberikan, lanjut Didi, tidak melihat asal usul penerima termasuk Jokowi yang berasal di Jawa Tengah. Pasalnya diakui Didi pendiri Paguyuban Pasundan pun merupakan orang Makasar yang memberikan kontribusi hingga hadirnya PB Paguyuban Pasundan.
 
"Bahkan pendiri Paguyuban Pasundan yang merupakan orang Makassar bukan orang kelahiran Pasundan tapi beliau mendedikasikan diri untuk tanah Pasundan," beber Didi.
 
Sebelumnya, Paguyuban Pasunan pun telah memberikan penghormatan serupa kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, pada agustus 2015 silam.
 
Sementara itu, Presiden Jokowi mengaku bangga dan merass terhormat atas penganugerahan tersebut. Jokowi pun mengajak warga Pasundan untuk menebar kebaikan dengan cara hijrah.
 
"Penghargaan Pinisepuh sebuah kehormata bagi saya. Warga Pasundan sangat ramah, saya diterima dengan sangat terbuka dan hangat," tandas Jokowi usai menerima kehormatan sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif