Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia Vicka
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan di Yogyakarta. Medcom.id/Patricia Vicka

Baru Satu Kabupaten di DIY Rekapitulasi Suara

Pemilu penghitungan suara pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 29 April 2019 21:09
Yogyakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY Hamdan Kurniawan menjelaskan proses rekapitulasi setingkat Kabupaten baru dilakukan di KPU Kulon Progo. Proses rekapitulasi di KPU Kulon Progo dimulai Minggu 28 hingga Senin 29 April 2019.
 
"Diprediksi proses rekapitulasi ini selesai hari ini," jelas Hamdan dan ditemui di kantor KPU DIY, Senin 29 April 2019.
 
Rekapitulasi di tiga kabupaten dan satu kota lainnya belum dimulai. Rencananya, KPU di tiga kabupaten/kota memulai rekapitulasi besok, Selasa, 30 April 2019 karena rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan belum selesai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kabupaten Gunung Kidul , Bantul, dan Kota Yogyakarta kemungkinan rekapitulasi dimulai besok. Kabupaten Sleman kemungkinan awal Mei,"kata dia.
 
Lamanya proses rekapitulasi ditingkat kecamatan disebabkan oleh banyaknya jumlah TPS. Selain itu rekap hasil Pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara susulan (PSS) belum rampung.
 
Dia mencontohkan Kabupaten Sleman. Rekapitulasi di beberapa kecamatan belum selesai lantaran kabupaten ini memiliki TPS terbanyak yang berjumlah sekitar 404 buah.
 
"Rekap di Kecamatan Depok belum selesai karena penduduknya padat jadi banyak TPS. Apalagi Sleman itu paling banyak menggelar PSU dan PSS,"kata dia.
 
Pihaknya tidak mempermasalahkan lambannya proses rekapitulasi ini. KPU memberi tenggat waktu proses rekapitulasi di tingkat kecamatan hingga 4 Mei 2019. Sementara rekapitulasi tingkat kabupaten dan kota paling lambat tanggal 7 Mei 2019.
 
Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sleman, Indah Sri Wulandari membenarkan proses rekapitulasi dibeberapa kecamatan belum kelar. Pihaknya terkendala dengan banyaknya jumlah TPS yang harus dihitung dan terjadinya selisih suara.
 

 


 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif