Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai NasDem Taufik Basari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai NasDem Taufik Basari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

NasDem Optimistis Raih Kemenangan di MK

Pemilu partai nasdem Sidang Sengketa Pilpres 2019
Faisal Abdalla • 10 Juli 2019 15:44
Jakarta: Partai NasDem mengajukan sejumlah gugatan dalam sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif ke Mahkamah Konstitusi (MK). NasDem optimistis dapat memenangkan gugatan tersebut.
 
"Total ada 62 perkara yang ditangani NasDem, baik sebagai pemohon maupun pihak terkait," kata Kuasa Hukum Partai NasDem, Taufik Basari di Gedung MK, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Taufik mengatakan dari 62 perkara yang ditangani NasDem, 33 di antaranya diajukan NasDem sebagai pemohon, dan 29 sebagai pihak terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai pemohon, lanjut Taufik, NasDem yakin memenangi gugatan di MK lantaran pihaknya telah melakukan seleksi perkara-perkara mana saja yang diajukan. NasDem hanya mengajukan perkara yang memang memiliki bukti kuat.
 
"Sebagai pihak terkait, kita akan lihat dari permohonan masing-masing pemohon untuk kita lakukan bantahan-bantahanya," ujar Taufik.
 
Baca juga:NasDem Gugat Hasil Rekap PPLN Kuala Lumpur ke MK
 
Lebih lanjut, dia menilai dalil-dalil yang disodorkan Partai NasDem kepada MK cukup kuat. Dia optimistis gugatan Partai NasDem dikabulkan MK.
 
Untuk sidang pendahuluan hari kedua PHPU Pileg, Partai NasDem menangani lima perkara di tiga panel. Salah satu perkara yang disidangkan terkait dengan rekapitulasi suara di panita penyelenggara luar negeri (PPLN) wilayah kerja Kuala Lumpur.
 
Sidang pendahuluan PHPU legislatif akan berlangsung 9 hingga 12 Juli 2019. Kemudian, sidang pemeriksaan akan digelar pada 15 sampai 30 Juli 2019. Sementara itu, pembacaan putusan hasil PHPU legislatif diagendakan pada 6 hingga 9 Agustus.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif