Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Menteri Muda Diharap Tak Kalah Saing

Pemilu kabinet jokowi
Candra Yuri Nuralam • 03 Juli 2019 16:48
Jakarta: Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan menteri muda yang digadang Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo harus bisa berbaur dengan menteri lainnya. Meski muda, menteri terpilih harus bisa bedakan kebutuhan partai dan negara.
 
"Jadi menurut saya pertama tidak perlu kita mendikotomikan antara profesional dengan partai politik," kata Ace di kompleks DPR RI, Senayan, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Ace berharap menteri muda bisa tegas. Karena, nantinya, dalam pemerintahan akan ada senior lain yang jauh lebih tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang terpenting adalah sebetulnya kemampuan dalam me-manage kepemimpinannya," ujar Ace.
 
Tegas yang dimaksud Ace bukan hanya dalam kementerian. Menteri muda juga harus tegas dalam memberikan kebijakan kepada publik.
 
(Baca juga:NasDem: Menteri Muda Bentuk Penyegaran)
 
"Yang ketiga kemampuan untuk mengambil eksekusi, mengambil kebijakan yang bersifat eksekutorial. Jadi dia mampu untuk mengambil kebijakan secara cepat, tepat, sehingga implementasi kebijakan di lapangannya bisa berlangsung dengan sebaik baiknya," tutur Ace.
 
Lebib lanjut, Ace meminta, menteri muda harusnya bersih dari kasus apa pun. Menteri muda harus bersih sebagai pembaharuan wajah baru pemerintahan.
 
"Yang terpenting sesungguunya adalah juga memiliki integritas, integritas itu salah satunya tidak pernah terlibat dalam kasus-kasus misalnya tercela, pidana korupsi dan sebagainya," tandas dia.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif