Mereka yang Berperang di Dapil Neraka Jatim
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Surabaya: Sejumlah nama politikus terkemuka, artis Ibu Kota, hingga 'kalangan Istana' bakal bertarung ketat untuk memperebutkan kursi Senayan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Pertarungan ketat bakal terjadi di daerah pemilihan (dapil) 'neraka' Jawa Timur.

Pertarungan di dapil tersebut sudah bak Kurusetra, babat perang besar tokoh pewayangan Jawa. Hal ini mengingat nama yang bertarung mayoritas beken.


Misalnya dari dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo), sederet nama mulai dari politikus terkemuka, tokoh, artis atau selebritis, hingga musisi, bakal bersaing ketat. Sebut saja artis Manohara Odelia dan Indra Maulana yang maju dari Partai NasDem, Ahmad Dhani Prasetyo (musisi) dari Partai Gerindra, kemudian Sundari Soekotjo (penyanyi kroncong) dari PKB.

Belum lagi ada Andre Hehanusa (penyanyi) dan Roni Sianturi (penyanyi) dari PDI Perjuangan. Model cantik Arzetti Bilbina yang saat ini menduduki kursi Komisi X DPR RI juga bertarung di dapil tersebut.

Kalangan politikus terkemuka juga masuk jajaran petarung. Ada Bambang DH, Indah Kurnia, dan mantan Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno dari PDI Perjuangan. Lalu ada nama Bambang Haryo Soekarto (Gerindra), Adies Kadir (Golkar) dan Sungkono (PAN).

Priyo Budi Santoso mantan Wakil Ketua DPR RI yang sebelumnya dari Partai Golkar pindah ke partai pendatang baru yaitu Partai Berkarya, kembali meramaikan peta pertarungan dapil I Jatim.

"Kemudian dari mantan pejabat yudikatif yakni mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Maruli Hutagalung, juga maju dari Dapil I dengan kendaraan Partai NasDem," ujar Komisioner KPU Jatim Khoirul Anam, dikonfirmasi, Jumat, 16 November 2018.

Di dapil Jatim II (Pasuruan-Probolinggo), mantan presenter Rahma Sarita Al Jufri, mantan Bupati Probolinggo dua priode Hasan Aminuddin, mantan Wali Kota Pasuruan Aminurrahman. Mereka masing-masing maju sebagai bacaleg DPR RI dari Partai NasDem.

Selanjutnya dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso), ada pemain sinetron Lucky Perdana, dan artis dangdut Yuli Anita KDI, yang keduanya diusung Partai NasDem.

Dapil Jatim IV (Jember-Lumajang), ada nama suami Bupati Jember Faida (Abdul Rochim), artis FTV Feriyanto, jurnalis Charles Melkiansyah dan Imelda Soraya (adik artis Lucky Hakim), yang masing-masing diusung Partai NasDem.

Mereka bersaing dengan Emilia Contessa dari PAN. Lalu Dapil V (Malang Raya), ada nama artis Venna Melinda dari NasDem, Krisdayanti (KD) dari PDI Perjuangan, Eko Patrio dan Dessy Ratnasari yang keduanya diusung PAN.

"Sementara Dapil Jatim VI (Tulungagung, Kediri, Blitar) kalau tidak salah tidak ada nama beken seperti caleg artis atau tokoh," ujarnya.

Dapil Jatim VII (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi), terdapat nama Alila Bachsin yang merupakan adik kandung Arumi Bachsin dan Eron Ariodito, adik Wakil Gubernur terpilih Jatim 2019-2024 Emil Elestianto Dardak. Selain itu, juga terdapat nama Denada. Ketiganya diusung PAN.

Di daerah tersebut, juga menjadi tempat bersaing putra Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melawan politikus dan nama-nama potensial baru di 2019.

Ibas akan bersaing dengan mantan Juru Bicara Presiden Joko Widodo sekaligus juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Pribowo yang diusung PDI Perjuangan. Ada pula anggota DPR Budiman Sudjatmiko yang akan berlaga di 'dapil neraka' ini.

Dapil Jatim VIII (Jombang, Nganjuk, Madiun, Mojokerto), ada nama Sulistyaningsih atau Ratna Listy (penyanyi), yang keduanya diusung Partai NasDem. Lalu dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban), ada artis Tessa Kaunang, dan mantan Bupati Bojonegoro dua periode 2008-2013 dan 2013-2018.

Kang Yoto yang juga mantan Ketua DPW PAN Jatim itu kini maju dari Partai NasDem. Dapil Jatim X (Lamongan-Gresik), ada artis senior Elma Theana dari NasDem.



(SUR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id