Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Format Debat Keempat dan Ketiga Tak Jauh Berbeda

Pemilu debat capres pilpres 2019
Dheri Agriesta • 23 Maret 2019 02:56
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU), Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin, dan Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandiaga, telah menyepakati format debat keempat. Format debat berikutnya itu tak jauh berbeda dengan debat ketiga.
 
"Tapi memang ada perubahan terkait dengan sesi keempat dan kelima, yang terdiri dari pertanyaan antarkandidat," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan usai rapat di KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019.
 
Wahyu menyebut sesi debat eksploratif yang memiliki waktu delapan menit itu akan diatur oleh moderator. Moderator membagi waktu bagi setiap kandidat untuk berbicara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu diambil agar setiap kandidat memiliki kesempatan yang sama dalam mengemukakan pendapat. Sehingga, sesi debat eksploratif berjalan lebih seru.
 
"Bagaimana 8 menit itu dialokasikan waktunya secara adil, itu lah peran moderator menjadi lebih strategis, untuk mengatur lalu lintas debat," jelas Wahyu.
 
Pada debat keempat setiap kandidat akan membahas masalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, dan hubungan internasional. Debat yang diikuti para capres itu diadakan di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.
 
Hingga saat ini, KPU, TKN Jokowi-Amin, dan BPN Prabowo-Sandiaga, belum menentukan moderator debat keempat. Terdapat sembilan kandidat moderator yang akan ditentukan dalam rapat pekan dapat.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif